Sistem Pemilah Topik Diskusi pada Forum Diskusi Mahasiswa PCR Berbasis Web Menggunakan Algoritma KNN

Yoel Panjaitan, Muhammad Ihsan Zul, Ibnu Surya

Abstract


Sarana yang digunakan oleh mahasiswa Politeknik Caltex Riau untuk berdiskusi atau memberikan informasi saat ini yaitu email, melalui mailing list allmhs@pcr.ac.id. Berdasarkan survei pertama yang dilakukan kepada seluruh mahasiswa PCR terkait pengunaan mailing list melalui kuisioner pada google form, dari 147 responden yang mengisi, 73% menganggap bahwa pesan yang dikirim ke mailing list allmhs@mahasiswa.pcr.ac.id sering tidak digunakan sebagaimana mestinya. Berdasarkan survei kedua yang dilakukan kepada seluruh mahasiswa PCR terkait kebutuhan forum diskusi dan pemberi informasi melalui kuisioner pada google form, dari 91 responden yang mengisi, 93% menyatakan bahwasanya mahasiswa membutuhkan sebuah forum diskusi berbasis web yang dapat mengkategorikan diskusi. Oleh karena itu dibangun sebuah forum diskusi berbasis web untuk mahasiswa PCR yang juga dapat memilah topik diskusi secara otomatis menggunakan algoritma k-nn. Dilakukan uji coba terhadap sistem, hasil uji cross validation dengan menguji 25 data training didapatkan akurasi sebesar 80%, pengujian juga dilakukan menggunakan k-fold cross validation untuk mendapatkan nilai k terbaik yang menghasilkan akurasi tertinggi dari nilai k yang lainnya.


Keywords


Topik; Text Mining; k-Nearest-Neighbor; Cross Validation; K-Fold Cross Validation

Full Text:

PDF

References


Kurniawan, B., Dayawati, N., & Kurniati, A. (2009). Klasifikasi Dokumen Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Multinominal Naive Bayes dan Jaringan Syaraf Tiruan. Bandung: Telkom University.

Hamzah, A. (2012). Klasifikasi Teks Dengan Naive Bayes Classifier Untuk Pengelompokan Teks Berita dan Abstract Akademis. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi Periode III .

Yuliana. (2013). Pengelolaan Proyek Akhir Menggunakan Text Mining Pada Politeknik Caltex Riau. Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau.

Efendi. (2016). Pemilah Judul Berita Menggunakan Algoritma k-Nearest Neighbor. Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau.

Dharayani, R., Laksitowening, K. A., & Yanuarfiani, A. P. (2015). Implementasi ETL (Extract, Transform, Load) Pangkalan Data Perguruan Tinggi dengan Menggunakan State-Space Problem.

Fayyad, U., Shapiro, G. P., & Smyth, P. (1996). From Data Mining to Knowledge Discovery in Databases. All Magazine Volume 17 Number 3 .

Feldman, R., & Sanger, J. (2007). The Text Mining Handbook Adavanced Approaches in Analyzing Unstructured Data. New York: Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v7i3.27465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License