Aplikasi Pengenalan Mamapro (Macam-macam profesi) pada Anak Usia Dini
Abstract
Profesi merupakan salah satu tema yang terdapat dalam kurikulum di Taman Kanak-Kanak. Pembelajaran tema profesi di TK lebih banyak memanfaatkan jenis media visual. Media visual hanya memberikan pembelajaran kepada anak berupa gambar-gambar yang tercetak pada buku atau lukisan. Saat ini anak lebih memiliki ketertarikan tinggi terhadap teknologi multimedia, sehingga perlu memanfaatkan hal tersebut dalam memberikan media pembelajaran yang menarik perhatian anak dan bersifat interaktif. Oleh karena itu dengan memanfaatkan teknologi multimedia dapat dibuatlah suatu aplikasi pembelajaran berbantuan komputer atau yang dikenal dengan Computer Assisted Instruction (CAI) dalam mengenalkan macam-macam profesi pada anak usia dini. Model CAI yang digunakan pada aplikasi yaitu tutorial dan permainan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu aplikasi pengenalan macam-macam profesi yang ditujukan dan digunakan untuk anak usia dini. Aplikasi di uji coba pada anak-anak TK Imanuel kelas B dan divalidasi oleh ahli materi (guru TK Imanuel) serta ahli CAI (dosen Teknik Informatika Universitas Tanjungpura). Berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji coba dan validasi aplikasi dengan menggunakan skala pengukuran Guttman untuk sisi materi sebesar 100%, sisi CAI sebesar 100%, dan pada anak TK sebesar 92,67%, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini sudah layak untuk anak usia dini dengan usia 4-6 tahun sebagai media pembelajaran dalam mengenal macam-macam profesi berbasis multimedia dengan konsep CAI.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsana, I. 2016. Etika Profesi Insinyur (Membangun Sikap Profesionalisme Sarjana Teknik). Yogyakarta: Deepublish.
Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Darmawan, D. 2012. Inovasi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
DEPDIKNAS (Departemen Pendidikan Nasional). 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Jong, I. 2017. Aplikasi Computer Assisted Instruction (CAI) Crafting Interior Rumah Bagi Anak Usia Dini. Pontianak, Indonesia: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN) Vol. 6, No. 1.
Kusumadewi, S., dkk. 2000. Informatika Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mauludin, R. 2017. Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi. Pontianak, Indonesia: Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) Vol. 3, No. 2.
Nugroho, F. 2005. Membuat Animasi Kartu Ucapan dengan Flash 8. Jakarta: PT Elex Media Komputido.
Prabowo, S. dan P.A. Endah. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran CNC II Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Program Studi D3 Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Surabaya, Indonesia: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 1, No.3.
Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Dalam Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Roopnaire, J.L. dan J. James. 1993. Approaches to Early Childhood Education. New York: Charles E.Merril Publishing Co.
Rusman. K, Deni. R, Cepi. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rusman. 2013. Metode-Metode Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Simamora, B. 2004. Anallisis Multivariat Pemasaran.Gramedia : Jakarta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sujiono, N.Y. 2009. Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Idektif.
Suparno, P. 2012. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Suyanto, M. 2005. Multimedia : Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta : Andi.
Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.26418/justin.v6i4.27280
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
View My Stats
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License