Rancang Bangun Sistem Manajemen Budidaya Ayam Broiler Berbasis Web Menggunakan Metode Prototyping

Ridho Hawali Fani, Ibnu Surya, Maksum Ro'is Adin Saf

Abstract


Beternak dengan sistem kemitraan merupakan suatu bentuk usaha yang sedang marak saat ini, beternak secara kemitraan merupakan bentuk kerja sama antara peternak dengan perusahaan. Hasil panen akan dibagi sesuai persenan yang telah disepakati pada Memorandum of Understanding (MoU). Dibutuhkan waktu lebih kurang 4-6 minggu bagi peternak untuk memelihara ayam hingga panen. Selama periode tersebut, peternak harus merawat ayam dengan maksimal sehingga diharapkan hasil panen menguntungkan bagi peternak dan perusahaan tersebut. Maka dari itu, sistem  ini dibangun agar dapat mengatasi permasalahan seperti pemberian pakan atau vaksin yang tidak teratur, pencatatan perkembangan ayam tiap hari yang masih dilakukan secara manual, penanganan penyakit dan kurangnya wawasan terhadap penyakit yang sering didapatkan oleh ayam, serta penghitungan timbangan yang masih dilakukan secara manual. Sehingga dengan mengatasi permasalahan tersebut hasil panen menjadi meningkat dan tingkat produktifitas ayam menjadi terkendali. Tools yang digunakan dalam pembuatan sistem ini adalah Visual Studio 2017. Setelah dilakukan pengujian selama tiga periode ternak, sebanyak 82.6% responden dari sepuluh orang yang merupakan peternak ayam broiler menyatakan sistem tersebut dapat meningkatkan efisiensi dalam beternak ayam broiler.

Keywords


Sistem Manajemen; Ayam Broiler; ASP.NET; Metode Prototyping; Kesejahteraan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


R. P. Hartanto, “Forum Pertanian Terbesar di Indonesia,” 15 Maret 2016. [Online]. Available: https://www.pertanianku.com/mengenal-sistem-kontrak-dalam-usaha-ayam-broiler/.

F. M. Riza, “Rancang Bangun Sistem Penunjang Keputusan Waktu Panen Ayam Broiler Menggunakan Metode Topsis,” Rancang Bangun Sistem Penunjang Keputusan, p. 7, 2015.

F. Rahman, “APLIKASI PETERNAKAN AYAM BROILER BERBASIS ANDROID,” Aplikasi Peternakan Ayam Broiler, p. 3, 2016.

H. Santoso and T. Sudaryani, Panduan Praktis Pembesaran Ayam Pedaging, Tangerang: Penebar Swadaya, 2015.

H. F. Ilmu Usaha Tani, Jakarta: Penebar Swadaya, 1989.

R. A.S and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika Bandung, 2013.

J. A. O'Brien, Introduction to Information Systems, Grew-Hill, Northern: Raymorid Jr. and George Schell, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v6i4.26957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License