Penerapan Fitur 3D Maps pada Aplikasi Virtual Tour sebagai Media Promosi Wisata Qubu Resort

Nanda Tamara Ananraytama, Novi Safriadi, Helen Sasty Pratiwi

Abstract


Qubu Resort adalah taman wisata bertempat di Kabupaten Kubu Raya. Tempat wisata ini telah diliput oleh berbagai media, baik media cetak maupun situs berita online. Namun, dari sekian banyak hasil liputan media, sebagian besar ditampilkan dalam bentuk teks dan gambar. Hal ini membatasi pengunjung untuk lebih mengenal lingkungan tempat wisata. Berdasarkan kondisi dan permasalahan yang ada, maka diperlukan pengembangan teknologi, yaitu dengan menggunakan virtual tour dengan fitur 3D maps. Aplikasi dibangun berbasis website. Tujuan dari aplikasi adalah untuk membantu pengunjung dalam memperoleh informasi mengenai tempat wisata di Qubu Resort. Virtual tour yang dimuat menampilkan foto panorama dengan sudut pandang 360° x 180°, sedangkan bangun 3D berfungsi untuk merepresentasikan denah lokasi Qubu Resort. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan aplikasi multimedia MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri atas 6 tahap, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Pengujian aplikasi terdiri dari beberapa aspek. Pada pengujian aspek compatibility, aplikasi berhasil diakses pada tiga perangkat komputer berbeda dan komponen pada website dapat ditampilkan dengan baik. Pada pengujian aspek usability, aplikasi dinilai sangat positif dengan total persentase 85,1%. Serta pada pengujian aspek portability, yang menunjukan aplikasi lebih baik jika diakses menggunakan browser berbasis desktop.

Keywords


Qubu Resort; Virtual Tour; 3D Maps; MDLC

Full Text:

PDF

References


Kurniati, Intania., Alkautsar, Mochamad., Dharmawan, Anthony. 2010. Analisis dan Perancangan Aplikasi Virtual Tour Museum di Kawasan Taman Fatahillah Berbasis Multimedia bagi Unit Pelaksana Teknik Kota Tua Jakarta. Jakarta: Skripsi Teknik Informatika, Universitas Bina Nusantara.

Yudhianto, Tri. 2014. Aplikasi Peta Tiga Dimensi Kampus Universitas Widyatama. Bandung: Tugas Akhir Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Widyatama.

Easypano. (n.d). Easypano – The Virtual Tour Way. http://www.easypano.com/companyinfo.html. Diakses pada 27 Mei 2017.

Setiawan, Sari Indah Anatta. 2011. Google SketchUp – Perangkat Alternatif dalam Pemodelan 3D. Jurnal SofTech, Tangerang, Indonesia. Vol. III, No. 2.

Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ahkamiyati, Zumrotul. 2016. Pengembangan dan Analisis Kualitas Sistem Informasi Bimbingan Tugas Akhir Skripsi Online untuk Mahasiswa Tingkat Akhir Pendidikan Teknik Informatika FT UNY. Yogyakarta: Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v6i3.26835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License