Aplikasi CAI Tema Kendaraan untuk Taman Kanak–Kanak
Abstract
Program kegiatan belajar pada tingkat TK meliputi bahan-bahan pembelajaran yang dapat dicapai melalui tema yang sesuai dengan lingkungan anak dan kegiatan-kegiatan lain yang menunjang kemampuan yang hendak dikembangkan. Dalam upaya memenuhi kriteria aspek pengembangan tema kendaraan diperlukan sesuatu yang menarik perhatian anak namun sesuai dengan tujuan dan kompetensi dasar pendidikan TK. Saat ini dibanding pembelajaran di dalam kelas tingkat ketertarikan anak terhadap teknologi multimedia sangat tinggi, Oleh karna itu dibuatah penyajian materi dengan Computer assisted Instruction (CAI) pengembangan daripada teknologi informasi terpadu yaitu komunikasi (interktif), audio, video, penampilan citra (image) yang dikemas dengan teknologi multimedia untuk mengenal kendaraan dengan mengguakan Adobe Flash 5.5. Aplikasi di uji dan validasi oleh ahli dari 3 bidang yaitu bidang materi dan psikologi anak, bidang multimedia, dan bidang CAI. Dari hasil validasi di dapatkan bahwa aplikasi ini 85,7% sesuai dari sisi materi, 100% sesuai dari sisi multimedia dan 84,61% sesuai dari sisi CAI.
Keywords
Full Text:
pdfReferences
Alessi, S.M, & Trollip, S.R. 2001. Media For Learning: Methods And Development. Bostom: Allyn and Bacon.
Aqib, Zainal. 2011. Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD. Bandung: Nuansa Aulia.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Chamber, Jack A., Sprecher, Jerry W. 1983. Computer Assisted Instruction: Its Use In Classroom. Canada: Prentice Hall.
Firdania, Milda Surgani. 2016. Aplikasi CAI Berbasis Multimedia untuk Pengenalan Bagian Tubuh Manusia pada Anak Usia Dini. Pontianak, Indonesia: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN) Vol.4, No. 1, 2016. .
Gates, Bill, 2000. Business The Speed Of Thought. Jakarta: Gramedia.
Halidah, Israini 2013. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Anak Usia Dini. Pontianak: Teknik Informatika Universitas Tanjungpura.
Hardywinoto.2002. Mencerdaskan Otak Melalui Musik. Anak Unggul Berotak Prima. Jakarya: Gramedia.
Hofstetter, Fred. 2001. Multimedia Literacy. McGraw-Hill: New York.
Jogiyanto.2005. Analisis & Desain. Yogyakarta: Andi.
Novitasari, Nurmala. 2015. Perancangan Multimedia IPA Biologi Materi Sistem Eksresi untuk Siswa SMP dengan CAI. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) Volume 3 Nomor 3 Tahun 2015. Teknik Elektro dan Informatika Universitas Tanjungpura.
Pangalila. 2002. Mulailah dini. Anak Unggul Berotak Prima. Jakarta: Gramedia.
Smaldino E., Sharon Russell James. D, Heinich Robert and Molenda Michael 2005. Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Merrill Prentice Hall.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi.
Yuwono, Bambang. 2002. Peran Informatika. Anak Unggul Berotak Prima. Jakarya: Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v7i3.25786
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)
View My Stats
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License