Rancang Bangun Aplikasi Penjualan dan Pembelian Berbasis Web pada Apotek Neofarma Sanggau

Puteri Noviandhiny

Abstract


Apotek Neofarma yang berlokasi di Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau merupakan apotek yang bergerak dibidang penjualan obat. Sistem yang sedang berjalan di Apotek Neofarma ini menggunakan sistem manual dalam proses pengolahan data terdapat banyak kendala dalam melakukan pengolahan data obat seperti proses pengolahan data mencatat ke dalam pembukuan sehingga sering mengalami masalah seperti pada saat melakukan pembukuan atau pengecekkan data obat yang terlalu lama dan masalah pencatatan stok obat kadaluarsa yang dilakukan petugas stok obat masih kurang terkontrol, hal ini mengakibatkan kesulitan dalam mencari informasi persediaan stok obat dan obat yang mendekati kadaluarsa serta laporan penjualan. Setelah mengetahui permasalahan yang ada maka dirancang sebuah aplikasi penjualan dan pembelian menggunakan metode pengembangan waterfall. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi penjualan dan pembelian obat pada apotek berbasis web yang di dalamnya diintegrasikan sistem notifikasi obat yang kadaluarsa atau obat yang sudah habis, melakukan penjualan secara terkomputerisasi, mengetahui laporan pembelian dan penjualan, serta membantu pengelolaan data obat pada Apotek Neofarma. Dari hasil pengujian Black Box menunjukkan 100% dari 6 kelas uji berjalan dengan baik dan pengujian kuesioner penggunaan aplikasi terhadap 5 responden dihitung menggunakan metode mencari interval nilai persentase Likert. Hasil perhitungan pengujian kuesioner pengguna aplikasi adalah 81,5%. Berdasarkan hasil pengujian kuesioner pengguna aplikasi, maka sistem informasi yang dibangun dapat  diimplementasikan pada Apotek Neofarma Sanggau.

Keywords


Apotek; Penjualan; Notifikasi; Aplikasi; Web

Full Text:

PDF

References


Noviansyah, Eka. 2008. Aplikasi Website Museum Nasional Menggunakan. Macromedia Dreamweaver MX. Jakarta.

Andita, Reza dkk. 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Pelayanan Obat di Apotek Generik. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), Vol.2 No.1 h.22. Politeknik Negeri Jakarta, Depok.

Hidayani, Nurul. 2015. Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Apotek Cemara. Pontianak, Indonesia: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN) Vol 3, No 1, 2015

Noviansyah, Eka. 2008. Aplikasi Website Museum Nasional Menggunakan. Macromedia Dreamweaver MX. Jakarta.

Andrian Allegra Shawabi. 2014. Sistem Informasi Penjualan dan Monitoring di Toko Royal Motor Bandung. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Edisi 1 Volume 1, ISSN: 2089-9033.

Adiniwinoto, Bambang dan Anisah. 2014. Rancang Bangun Sistem Informasi Pembelian Tunai pada Percetakan Expand Computer & Studio Pangkalpinang dengan Metodologi Berorientasi Objek. Yogyakarta. ISSN:2302-3805.

Pressman, Roger S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi (Buku I). Yogyakarta: Andi Offset.

Ragil, Wukil. 2010. Pedoman Sosialisasi Prosedur Operasi Standar. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Pressman, Roger S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi (Buku I). Yogyakarta: Andi Offset.

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi Offset




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v6i3.25770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License