Rancang Bangun Sistem Informasi Konferensi Nasional Aptikom Provinsi Kalimantan Barat Berbasis Web

Leonardus Fernando, Novi Safriadi, Rudy Dwi Nyoto

Abstract


Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer Provinsi Kalimantan Barat (Aptikom Kalbar) adalah asosiasi yang didirikan oleh dan beranggotakan seluruh program studi informatika dan komputer di wilayah provinsi Kalimantan Barat. Aptikom Kalbar merupakan salah satu organisasi yang mengadakan konferensi nasional setiap tahunnya. Konferensi merupakan ajang pertemuan dan berbagi antara pemakalah yang mengirimkan makalah. Ragamnya peserta atau pemakalah yang mengikuti konferensi nasional menyebabkan diperlukannya suatu media atau sistem yang mengelola proses pendaftaran hingga pembayaran dalam konferensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah sistem yang mampu mengatasi semua proses mulai dari pendaftaran peserta, unggah makalah, penilaian makalah sampai pembayaran.  Sistem informasi konferensi dirancang untuk digunakan oleh beberapa pengguna, seperti peserta, reviewer, dan admin. Pengujian sistem dilakukan dengan pengujian black box. Jenis dari pengujian black box yang digunakan dalam pengujian sistem ini adalah robustness testing. Hasil pengujian Black Box Robustness telah berjalan dengan fungsinya sesuai kebutuhan fungsional yang telah didefinisikan. Hasil akhir pada penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi yang mampu mengatasi masalah pengelolaan konferensi. Demikian sistem informasi konferensi nasional Aptikom Kalbar berbasis web layak untuk diimplementasikan.

Keywords


Seminar; Konferensi; Sistem Informasi; Aptikom Kalbar; Teknologi Berbasis Web

Full Text:

PDF

References


Aptikom, “Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer Provinsi Kalimantan Barat,” 2016. [Online]. Available: http://kalbar.aptikom.or.id/profil/. [Accessed: 27-Mar-2018].

E. Fitri, M. Jannah, A. A. Ilham, and I. S. Areni, “Implementasi Pemrograman Content Management System Pada Rancang Bangun Platform Sistem Informasi Konferensi Berbasis Web,” Tugas Akhir Tek. Inform. 2014 IMPLEMENTASI, pp. 1–8, 2014.

KBBI, “Kamus Besar Bahasa Indonesia,” 2016. [Online]. Available: https://kbbi.kemdikbud.go.id/Cari/Index. [Accessed: 27-Mar-2018].

A. Wibowo and B. Susanto, “Pengembangan Sistem Informasi Website KPU Daerah Istimewa Yogyakarta,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, pp. 231–243, 2016.

W. P. Danu, “Teori Dasar Sistem Informasi Manajemen (SIM),” Teor. Dasar Sist. Inf. Manaj., pp. 1–33, 2012.

M. Z. Lestari and N. O. Syamsiah, “Sistem Informasi Piutang pada Unit Pengelolaan Keuangan Desa ( UPKD ) Model Desa Prima Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah,” JEPIN, vol. 3, no. 2, pp. 142–151, 2017.

S. A. K. S. dan D. Bunyamin, “Analisis sistem informasi akuntansi data flow diagram dan flowchart pada perusahaan dagang PT.Indomarco Prismatama (Indomaret),” 2016.

M. H. Izzaturrahim, M. C. Saputra, and A. Pinandito, “Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Kinerja Mesin Gilingan Berbasis Android Studi Kasus PG. Krebet Baru II, Malang,” vol. 2, no. 5, pp. 2016–2024, 2018.

N. Kusumarani, A. Bijaksana, and P. Negara, “Sistem Informasi Kehadiran Dosen Mengajar dengan Menggunakan Sidik Jari Pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Tanjungpura,” JUSTIN, vol. 1, no. 2, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v6i3.24856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JustIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License