Perancangan Aplikasi Multimedia untuk Pengenalan Bahasa Isyarat bagi Anak Tunarungu Berbasis Android

Alfian Irdandi, Helfi Nasution, Anggi Srimurdianto Sukamto

Abstract


Bahasa Isyarat adalah satu diantara bahasa yang digunakan oleh seluruh manusia di dunia. Bahasa isyarat tersebut digunakan dan dibutuhkan oleh anak tunarungu. Anak tunarungu menderita gangguan pendengaran yang menyebabkan mereka kesulitan dalam berkomunikasi. Bahasa isyarat memberikan peranan yang sangat penting dalam kehidupan anak tunarungu untuk berkomunikasi, namun media pembelajaran yang dibutuhkan untuk anak tunarungu tidak banyak terutama media pembelajaran elektronik yang ada pada smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi pembelajaran multimedia untuk pengenalan bahasa isyarat bagi anak tunarungu berbasis android sebagai media pembelajaran alternatif bahasa isyarat. Aplikasi ini ditujukan untuk anak tunarungu yang sudah dapat membaca dengan tingkat gangguan pendengaran ringan dan sedang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (metode penelitian dan pengembangan). Metode Research and Development pada penelitian ini terdiri dari delapan tahapan mulai dari analisa permasalahan, analisis kebutuhan, pengumpulan data, pembuatan aplikasi, pengujian aplikasi, analisis hasil pengujian, revisi aplikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli CAI, ahli materi dan ahli media, Aplikasi Multimedia untuk Pengenalan Bahasa Isyarat bagi Anak Tunarungu Berbasis Android dikategorikan valid dengan RTVTK 3,59, sehingga dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Multimedia Pengenalan Bahasa Isyarat layak digunakan sebagai media pengenalan bahasa isyarat untuk anak tunarungu.


Keywords


Bahasa Isyarat; Tunarungu; Multimedia; Android; Computer Aided Instruction; Research and Development

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, R.R.W.P. 2012. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan E-Learning Berbasis Web pada Prodi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

APJII. 2015. Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. Cetakan Pertama Maret. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

BPS. 2015. Penduduk Indonesia Hasil Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) 2015. Jakarta: Badan Pusat Statistik Republik Indonesia.

Cristiano, G. 2005. Analyzing Storyboard. Edisi ke-2. Lulu.com.

Fidiawati, Ririn. 2012. Peningkatan Kemampuan Artikulasi Melalui Metode Drill pada Anak Tunarungu Kelas Dasar II di SLB-B YPPALB Kota Magelang. Skripsi Program Studi Pendidikan Luar Biasa. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

HM, Jogiyanto. 1999. Analisis dan Desain Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Novitasari, Nurmala. 2015. Perancangan Multimedia Pembelajaran IPA Biologi Materi Sistem Eksresi untuk Siswa SMP dengan Computer Assisted Instruction (CAI). Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN) Volume 3 Nomor 3 Tahun 2015. Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura.

R.I., Kementrian Kesehatan. 2010. Pedoman Pelayanan Kesehatan Anak di Sekolah Luar Biasa (SLB) untuk Petugas Kesehatan. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Yusmanto. 2015. Integrasi Protokol SMS dan Internet pada Mobile Banking. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) Volume 1 Nomor 2 Tahun 2015. Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License