Sistem Perawatan Kucing Berbasis Aturan

Anisa Anisa, Tursina Tursina, Helen Sasty Pratiwi

Abstract


Kucing merupakan satu diantara binatang yang paling diminati oleh sebagian masyarakat sebagai hewan  peliharaan. Akan tetapi, kesulitan yang dihadapi oleh pemilik kucing adalah kurangnya pengetahuan dan kesadaran tentang cara merawat kucing. Dokter hewan dapat menjadi solusi namun, untuk melakukan konsultasi dan perawatan, diperlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu masyarakat dalam melakukan perawatan untuk kucingnya. Sistem yang akan dibangun tidak untuk menggaantikan peran dokter hewan, namun untuk memberikan informasi tentang cara merawat kucing. Sistem ini dibangun berdasarkan aturan yang didapat dari pakar yaitu dokter hewan. Salah satu sistem yang menggunakan aturan sebagai dasar untuk menyelesaikan masalah adalah sistem berbasis aturan dengan penalaran forward chaining. Pengujian sistem untuk tangal vaksinasi dan tanggal pemberian obat cacing terdapat selisih waktu. Selisih waktu ini disebabkan sistem menghitung umur berdasarkan minggu. Berdasarkan keterangan dari dokter, keterlambatan memberikan vaksin atau obat cacing dapat ditolerir apabila dalam kurun waktu 1 minggu sampai 1 bulan. Oleh sebab itu, jika selisih hasil kurang dari 1 bulan dianggap sesuai. Hasil pengujian dengan membandingkan hasil pakar dan hasil sistem dari 20 kasus yang diuji, terdapat 19 kasus yang menunjukkan hasil sesuai. 


Keywords


Kucing; Perawatan; Sistem Berbasis Aturan; Forward Chaining

Full Text:

PDF

References


Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang No. 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5015.

Kusumadewi, Sri. 2003. Arificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jones, M.T. AI Application Programming. Massachusets: Charles River Media (2003) Ch. 8.

Stephanie. 2015. Sistem Otomasi Lampu pada Bangunan Publik dengan Metode Forward Chaining. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Sukamto, Rosa Ariani dan M. Shalahudin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License