Rancang Bangun Aplikasi Wedding Organizer di Kota Pontianak Berbasis Web

Renny Wulandari Ss, Helen Sasty Pratiwi, Hafiz Muhardi

Abstract


Pernikahan merupakan proses acara yang membutuhkan persiapan yang total, terkadang baik calon pengantin maupun keluarga akan menghadapi kesulitan diantaranya proses perencanaan yang lama dengan waktu dan biaya yang terbatas, sehingga seringkali membutuhkan wedding organizer untuk membantu dalam perencanaan dan supervisi pelaksanaan rangkaian acara dengan jadwal dan waktu yang ditentukan. Di Kota Pontianak, mayoritas pelayanan wedding organizer masih bersifat konvensional, dan adanya keterbatasan dalam paket pernikahan dengan harga yang sudah baku. Sehingga diperlukan aplikasi wedding organizer di Kota Pontianak yang dapat berfungsi sebagai media yang memfasilitasi calon pengantin menemukan layanan jasa / produk sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Sistem yang dibangun pada alur fitur pencarian menggunakan penalaran forward chaining. Hasil keluaran dari sistem ini adalah kisaran total biaya yang sesuai dengan layanan yang diinginkan. Berdasarkan hasil kuesioner menggunakan skala Likert’s Summated Rating (LSR) diperoleh nilai total 1830 yang berarti aplikasi ini dirancang dan dibangun dengan sangat baik.

Keywords


Pernikahan; Wedding Organizer; Forward Chaining; Likert’s Summated Rating

Full Text:

PDF

References


W, Nilam. 2014. Pengertian Pernikahan Menurut Para Ahli. http:dilihatya.com/2784/pengertian-pernikahan-menurut-para-ahli diakses tanggal 10 Maret 2016.

Winardi. 2007. Manajemen Perilaku Organisasi. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Irawan, Jusak. 2007. Buku Pegangan Bangun Sistem Pemesanan Tiket Pada Perum Damri Statiun Pontianak Berbasis Web dan SMS Gatewai. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Stephanie. 2015. Sistem Otomasi Lampu pada Bangunan Publik dengan Metode Forward Chaining. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Republik Indonesia, 1974. Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan. Lembaran Negara RI Tahun 1974, No. 1. Sekretariat Negara. Jakarta.

Kasali, Rhenald. 2007. Membidik Pasar Indonesia Segmentasi Targeting Positioning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Arhami, Muhammad. 2005. Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi Offiser.

Sukamto, Rosa Ariani dan M. Shalahudin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Beriorentasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Andita, Reza dan Paramiditia Nurul. 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Obat di Apotek Generik. Pontianak: Universitas Tanjungpura.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License