Abstract
Restoran yang dikunjungi banyak pengunjung, dimungkinkan menghadapi masalah keterlambatan pemesanan menu, kesalahan pencatatan menu, dan kesalahan dalam transaksi pembayaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang mampu mengatasi masalah pelayanan, seperti keterlambatan pemesanan menu, kesalahan pencatatan menu, dan kesalahan dalam transaksi pembayaran. Aplikasi pemesanan menu dirancang untuk digunakan oleh beberapa pengguna, seperti pengunjung, pelayan, dapur, kasir, dan admin. Pengujian aplikasi dilakukan di Restoran Mr. Uduk yang terdiri dari dua jenis, yaitu pengujian black box dan kuesioner. Jenis dari pengujian black box yang digunakan dalam pengujian aplikasi ini adalah robustness testing. Pengujian juga dilakukan dengan kuesioner yang sudah dilalui dengan uji validitas dan uji reliabilitas dengan nilai valid dan reliabel. Kuesioner yang diberikan, kemudian diproses menggunakan perhitungan nilai skala likert. Hasil pengujian Black Box Robustness telah berjalan dengan fungsinya sesuai kebutuhan fungsional yang telah didefinisikan. Hasil pengujian kuesioner sudah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil akhir pada penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi yang mampu mengatasi masalah pelayanan. Demikian aplikasi pemesanan menu di restoran berbasis web layak untuk diimplementasikan. Kontribusi pengunjung dapat memesan menu melalui perangkat yang digunakannya dan kode PIN untuk login pengunjung.
Keywords
Pelayanan Restoran; Aplikasi Restoran; Pemesanan menu; teknologi berbasis web
References
Inayati, I (2015). Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Web (Studi Kasus: RM Lesehan Berkah Ilahi Gresik). Tersedia: http://ojs.narotama.ac.id/index.php/narodroid/article/dow nload/71/61. [7 November 2016]
Kusnawi (2013). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Meja dan Makanan (Studi Kasus Restoran ABC). Tersedia: http://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/view/153. [7 November 2016]
Febriyansyah, R. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Restoran Berbasis Dekstop di Ayam Goreng Kremes Khas Solo 2 Pontianak
Ngaga, E. (2016). Rancang Bangun Sistem Pemesanan Tiket Bus Kupang-Atambua Berbasis SMS Gateway, Jurnal Sistem dan Teknologi (JEPIN), Vol. 2, No. 2, 2460-0741,2016.
Widarda, S. (2014). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Menu Berbasis Web (Studi Kasus: Coffee Toffee Tembalang, Semarang). Tersedia: http://www.provisi.ac.id/ejurnal/index.php/JTIKP/article /view/95. [7 November 2016]