Diagnosis Kerusakan Komputer Menggunakan Metode Similarity Jaccard Coefficient

Annisa Annisa, Tursina Tursina, Helen Sasty Pratiwi

Abstract


Kerusakan komputer secara umum dikelompokkan menjadi 2 kategori yaitu kerusakan hardware (perangkat keras) dan kerusakan software (perangkat lunak). Ketika komputer mengalami kerusakan, pengguna (user) akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit hanya untuk memperbaiki kerusakan tersebut, padahal kerusakan tersebut belumtentu rumit dan tidak dapat diperbaiki sendiri. Sehingga diperlukan suatu sistem yang dapat menghasilkan pengetahuan dan pengalaman seperti seorang teknisi dalam menangani kerusakan pada komputer. Sistem dibangun khusus untuk mendiagnosis kerusakan hardware komputer dengan menggunakan penalaran berbasis kasus atau disebut dengan Case Base Reasoning (CBR). Penalaran berbasis kasus ini menggunakan metode jaccard coefficient sebagai metode penghitungan similaritas. Hasil keluaran dari sistem ini adalah bagian kerusakan, jenis kerusakan dan solusi kerusakan yang mengadopsi pada kasus-kasus sebelumnya. Berdasarkan hasil pengujian validasi terhadap 30 data kasus, terdapat 8 kasus yang memiliki nilai similaritas kurang dari 1, dengan demikian tingkat keberhasilan sistem adalah 73.33%.


Keywords


Case Base Reasoning; Diagnosis; Hardware; Kerusakan Komputer; Jaccard Coefficient

Full Text:

PDF

References


Supriyanto, A., 2005. Merakit, Mengupgrade dan Mengatasi Masalah PC. Graha ilmu, Yogyakarta

Susanto, Arief. 2010. Pengenalan Komputer. Ilmu Komputer.Com.http://ilmukomputer.org/wpcontent/uploads/2010/03/arief_pengenalankomputer.pdf.

Hapnes Toba dan Sylvia Tanadi. 2011. Pengembangan Case Based Reasoning pada Aplikasi Pemesanan Kain Berdasarkan Studi Kasus pada CV. Mitra KH Bandung. Jurnal Penelitian. Bandung : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha.

Sukamto, Rosa Ariani dan M. Shalahudin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License