Aplikasi Augmented Reality Sistem Pernapasan
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencanauntuk mewujudkan suasana belajar dan prosespembelajaran agar peserta didik secara aktifmengembangkan potensi dirinya untuk memilikikecerdasan ataupun keterampilan yang dibutuhkan.Metode belajar konvensional digunakan pada pelajaranbiologi untuk kelas XI SMA IPA materi sistem pernapasan.Dalam materi sistem pernapasan bagian-bagian materiyang dipelajari kebanyakan membahas bagaimana sistempernapasan itu berjalan didalam tubuh, sedangkan siswamempelajari materi sistem pernapasan melalui gambardidalam buku, ini membuat siswa kesulitan dalammemvisualisasikan sistem dan organ pernapasan tersebutberjalan sesungguhnya. Augmented Reality adalahteknologi yang dapat menggabungkan objek 3D ke dalamlingkungan nyata Tidak seperti Virtual Reality yangsepenuhnya menggantikan kenyataan, namun AugmentedReality hanya menambahkan atau melengkapi kenyataan.Pada kasus ini materi sistem pernapasan yang dipelajariakan divisualisasikan dalam bentuk 3D. Metode yangdigunakan pada penelitian tentang Augmented Reality iniadalah metode Marker Based Tracking. Pada penelitian inidigunakan Blender, Unity 3D, Vuforia untuk membangunaplikasi. Aplikasi berbasis Android. Berdasarkan hasilpengujian User Acceptance Test diketahui persentase nilaiAcceptance mencapai 100%, ini berarti aplikasi dapatditerima. Dari Pre Test ke Post Test yang dilakukan aplikasiyang diimplementasikan teknologi Augmented Realitykepada 2 kelas siswa SMA XI IPA semester 2, kelas yangmenggunakan bantuan aplikasi memperoleh peningkatanpersentase nilai lebih tinggi dari kelas yang tidakmenggunakan aplikasi. Yaitu 66% untuk kelas yangmenggunakan aplikasi, dan 62% untuk kelas yang tidakmenggunakan aplikasi. Dapat disimpulkan bahwa aplikasidapat menampilkan objek 3D, dan dapat membantu siswauntuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistempernapasan.
Keywords
Metode Belajar; Augmented Reality; Sistem Pernapasan; Android; Marker Based Tracking
Full Text:
PDFReferences
Indrawaty, Youllia., M. Ichawan., dan Wahyu Putra. 2013. Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Anatomi Manusia Menggunakan Metode Augmented Reality(AR). Jurnal Itena Library, Vol.4-4 h.8, Institut Teknologi Nasional Bandung, Bandung.
Sukamto, Rosa Ariani dan M. Shalahudin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika
Syamsuri, Istamar, DKK. 2007. Biologi Untuk SMA Kelas XI Semester 2. Malang: Erlangga.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License