Implementasi Sistem Penjadwalan Akademik Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Menggunakan Metode Algoritma Genetika

Andreas Christian, Herry Sujaini, Arif Bijaksana Putra Negara

Abstract


Penjadwalan akademik merupakan masalah mengalokasikan waktu, mata kuliah, dosen, ruangan kelas, dengan memperhatikan sejumlah aturan yang berhubungan dengan kapasitas dan lokasi ruangan yang tersedia, waktu bebas yang diperlukan dan sejumlah aturan lain yang berkaitan. Berdasarkan karakteristik permasalahan yang terjadi, algoritma genetika cocok untuk menyelesaikannya dengan merepresentasikan komponen-komponen masalah ke dalam kromosom dan dievaluasi berdasarkan constraint penjadwalan yang telah dibuat sehingga  menghasilkan jadwal kuliah yang optimal. Aplikasi dibangun berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Proses optimasi penjadwalan dengan menggunakan algoritma genetika akan melalui proses representasi kromosom, inisialisasi populasi, menghitung fitness, seleksi, crossover dan mutasi. Pengujian dilakukan dengan metode black box untuk menguji komponen-komponen yang ada didalam sistem penjadwalan dan pengujian performansi untuk mengukur parameter-parameter yang optimal untuk proses penjadwalan. Berdasarkan hasil pengujian, karakteristik bentrok yang sering terjadi dalam proses algoritma genetika adalah karakteristik bentrok persimpangan waktu, banyak generasi yang optimal yaitu 200 sampai dengan 250, ukuran populasi yang optimal 100 dan nilai probabilitas crossover rate 0.7 dan mutation rate 0.3, serta dengan diimplementasikannya soft constraint penggunaan kapasitas ruangan mempengaruhi tingkat keberhasilan Hard Constraint. Dengan diimplementasikannya soft constraint kapasitas ruangan maka tingkat keberhasilan soft constraint-nya meningkat mencapai 93% dari 75%, Tetapi dengan diimplementasikannya soft constraint tersebut maka waktu yang dibutuhkan untuk komputasi meningkat dari 2,8 menit menjadi 38 menit. Hal ini terjadi karena pada proses komputasi harus melakukan pengecekan terhadap jumlah peserta dan kapasitas ruangan pada setiap kromosom.


Keywords


Penjadwalan Akademik; Mata Kuliah; Algoritma Genetika; Optimasi

Full Text:

PDF () PDF

References


Marwana. 2012. “Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Genetika Berbasis Permintaan Mahasiwa”, Prosiding Konferensi Nasional Ilmu Komputer 2012.

Teno Siswono dan Sarngadi Palgunadi, 2014. “Analisa Kombinasi Algoritma Genetika dengan Algoritma Palgunadi untuk Penjadwalan Mata Kuliah di Universitas Sebelas Maret”, Prosiding SNST ke-5: Surakarta.

Putra, Yendrika. 2009. “Aplikasi Penjadwalan Perkuliahan Menggunakan Algoritma Genetika”. Riau.

Maharani, Febria. 2013. “Sistem Penjadwalan Proyek Menggunakan Algoritma Genetika”, Pekanbaru.

Adriana Fanggidae dan Fadly Rano Lado. 2015. Algoritma Genetika dan Penerapannya. Yogyakarta: Teknosain.

Abdul, Kadir. 2008. Dasar Perancangan dan Implementasi Database Relasional. Yogyakarta:Andi.

Arief, M.Rudianto. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi.

Larantika, Fitria. 2015. “Sistem Penjadwalan Otomatis Menggunakan Algoritma Genetika di Fakultas Sains dan Teknologi”, Yogyakarta.

Hanita, Mery. 2011. “Penerapan Algoritma Genetika pada Penjadwalan Mata Kuliah (Studi Kasus:Program Studi Matematika FMIPA Universitas Bengkulu), Bengkulu.

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Graha Ilmu. Yogyakarta.

Nidhra, Srinivas dan Dondeti, Jagruthi. 2012, Black Box And White Box Testing Techniques A Literature Review, International Journal Of Embedded Systems and Applications (IJESA) Vol.2, No.2,8-9.

Suhartono, Entot. 2015. “Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah dengan Algoritma Genetika”. Vol 11, No 5:Semarang.

Wiga Ayu P., Arif Junaidi, dan Retno Aulia V., 2013, “Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Genetika di Jurusan Sistem Informasi ITS”, Vol 2. No.1:Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License