Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Android dengan Penerapan Web Service pada Sistem Informasi Perpustakaan (Studi Kasus : Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat )

Juli Mandala Putera, M. Azhar Irwansyah, Anggi Srimurdianti Sukamto

Abstract


Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat sebagai institusi yang bertugas mengelola bahan pustaka, baik berupa buku maupun bukan berupa buku (non book material) sehingga dapat digunakan sebagai sumber informasi oleh setiap pemakainya. Perpustakaan berperan sebagai kekuatan dalam pelestarian dan penyebaran informasi ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang berkembang seiring dengan menulis, mencetak, mendidik dan kebutuhan manusia akan informasi. Perpustakaan membagi rata informasi dengan cara mengidentifikasi, mengumpulkan, mengelola dan menyediakannya untuk umum. Adapun dalam proses pencarian buku pengunjung harus datang langsung ke perpustakaan sehingga terjadi ketidak efisienan dalam penggunaan waktu dan tenaga, selain itu perpustakaan ingin memperluas jangkauan informasi yang diberikan untuk masyarakat dengan membangun aplikasi sistem informasi perpustakaan dengan menerapkan web service yang berbasis android di Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat. Metode pengujian yang dilakukan yaitu dengan menggunakan pengujian blackbox sample testing untuk pengujian aplikasi dan pengujian User Aceptance Test (UAT) dengan kuesioner serta diinterpretasikan dalam Skala Likert untuk pengujian pengguna. Cara kerja aplikasi ini, pengguna memerlukan koneksi internet untuk menjalan aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan dengan menerapkan web service di Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat agar informasi yang diberikan oleh perpustakaan seperti buku, berita, pengumuman bisa dilihat melalui smartphone android. Aplikasi ini dibangun menggunakan software Eclipse Java Mars dengan plugin Android Depolevment Tools (ADT) dengan target SDK minimum 10 yaitu android 2.3 (Gingerbread). Untuk pengujian aplikasi dengan akses pengguna melalui kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat umum maupun pengunjung Perpustakaan Daerah Kaimantan Barat lalu diinterpretasikan dalam Skala Likert. Hasil yang ditunjukkan dengan 30 orang responden didapatkan nilai sebesar 71,06 sehingga masuk dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan dengan menerapkan web service di Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat berbasis android, proses pencarian buku, membaca berita dan pengumuman serta mengirim pesan baik berupa kritik, saran maupun pemesanan buku dapat dilakukan secara online sehinga dapat dilakukan kapan dan dimana saja dan jangkauan informasi menjadi lebih luas.


Keywords


Web Service; Android; Java Eclipse Mars; ADT; Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat

Full Text:

PDF

References


Sulistyo, Basuki. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramedia Pustaka.

HM, Jogiyanto. 1997. Analisis dan Disain Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Mediakita.

Wahadyo, Agus. 2013. Android 4 untuk Pengguna Pemula Tablet & Handphone. Jakarta: Mediakita.

H, Nazaruddin Safaat. 2011. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Prasetyo, Didik Dwi. 2004. Solusi Pemograman Berbasis Web Menggunakan PHP. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Kuswayatno, Lia. 2006. Mahir dan Terampil Berkomputer. Jakarta : Grafindo Media Pratama.

Anamisa, Devie Rosa; Yeni Kustiyahningsih. 2011. Pemograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License