Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Tingkat Kualitas Layanan Perpustakaan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

Lambang Nurdiansah, Tursina Tursina, M. Azhar Irwansyah

Abstract


Menurut undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik menegaskan bahwa penyelenggara berkewajiban melakukan evaluasi terhadap kinerja pelaksana di lingkungan organisasi secara berkala. Sebagai salah satu institusi penyelenggara pelayanan publik maka perpustakaan juga berkewajiban melaksanakan undang-undang. Kewajiban tersebut adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.Berdasarkan observasi di Perpustakaan Provinsi Kalimantan Barat untuk mengetahui kualitas layanan yang ada hanya dilakukan menggunakan sebuah kertas yang berisikan tulisan “Puas” dan “Tidak Puas” yang kemudian dimasukkan ke dalam kotak saran tanpa dapat diketahui pelayanan apa yang harus ditingkatkan, sehingga tidak dapat mengetahui tingkat kualitas layanan menurut persepsi pelanggan. Mengingat hal tersebut maka diperlukan suatu sistem untuk monitoring tingkat kualitas pelayanan perpustakaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi yang dapat digunakan untuk monitoring kualitas layanan perpustakaan. Adapun aplikasi yang dibangun menggunakan metode service quality(servqual) fuzzy. Metode Servqual digunakan sebagai model pengukuran tingkat kualitas layanan dengan menggunakan dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Sedangkan metode fuzzy digunakan untuk mengukur tingkat kualitas layanan perpustakaan. Berdasarkan hasil User Acceptance Test kategori pengunjung perpustakaan didapatkan hasil aplikasi dinilai sangat positif dan sangat berhasil, sedangkan pada kategori admin didapatkan hasil aplikasi dinilai positif dan cukup berhasil.


Keywords


Fuzzy; Kualitas Layanan; Perpustakaan; Service Quality

Full Text:

PDF

References


Parasuraman. 1997. Reflections on Gaining Competitive Advantage Through Customer Value. Jurnal of The Academy of Marketing Science.

Yamit, Z. 2002. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII.

Kusumadewi, Sri. Artificial Iinteligence ( Teknik dan Aplikasinya). Yogjakarta: Graha Ilmu, 2006.

Sutojo, T. 2011. Kecerdasan Buatan. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Abdurrahman, Ginanjar. 2011. Penerapan Metode Tsukamoto (Logika Fuzzy) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Jumlah Produksi Barang Berdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Permintaan. Skripsi: Program Studi Matematika Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas.

Pressman, Roger. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: ANDI.

Perry, William E. 2006. Effective Methods for Software Testing 3rd Edition. Indianapolis, Indiana : Wiley Publishing, Inc.

Akon, dan Riduwan (2009). Apliikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruci.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License