Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Pelaksanaan dan Pengawasan Kegiatan Perkebunan Kelapa Sawit Di PT. Wawasan Kebun Nusantara Kecamatan Seluas

Yulian Rahayudi, Novi Safriadi, Heri Priyanto

Abstract


Areal perkebunan kelapa sawit di Indonesia tersebar di berbagai provinsi, salah satunya adalah provinsi Kalimantan Barat, di mana luas areal yang digunakan 1.060.250 Ha (berdasarkan data statistik luas lahan dan produksi hasil perkebunan Kalimantan Barat tahun 2014). PT. Wawasan Kebun Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit yang terletak di Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang. Kebun Sungai Sentangau merupakan salah satu kebun yang dimiliki PT. WKN yang memiliki luas areal sekitar 5000 Ha. Kegiatan perkebunan seperti panen, pemupukan, tebas gawangan, piringan, pruning dan pasar pikul merupakan kegiatan utama yang terjadi pada kebun ini. Perkebunan dengan areal luas seperti ini mendasari diperlukannya sistem informasi yang dipergunakan untuk membantu pengawasan kegiatan pada jenis pekerjan yang terjadi. Rancang bangun sistem informasi geografis pelaksanaan dan pengawasan kegiatan perkebunan kelapa sawit di PT. Wawasan Kebun Nusantara Kecamatan Seluas ini menggunakan metode penelitian yang terbagi menjadi studi literatur, analisa kebutuhan, pengumpulan data, permodelan sistem, pembuatan aplikasi, pengujian sistem, analisis hasil pengujian dan penarikan kesimpulan. Motode perancangan dilakukan dengan flowchart dan diagram Unified Modeling Language (UML). Metode pengujian dilakukan dengan dua tahap yaitu pengujian aplikasi dan pengujian pengguna. Untuk pengujian aplikasi digunakan pengujian black box, sedangkan untuk pengujian pengguna menggunakan kuesioner yang diinterprestasikan dalam perhitungan Mean Opinion Score (MOS). Aplikasi SIG ini dibangun berbasis web menggunakan framework codeigniter. Pengguna aplikasi ini dibedakan menjadi dua yaitu admin dan manajer. Dari hasil pengujian aplikasi oleh pengguna, penilaian aplikasi mendapatkan nilai kategori sangat setuju pada ketiga aspek yaitu aspek rekayasa perangkat lunak, komunikasi visual dan fungsionalitas, sehingga dapat simpulkan aplikasi dapat membantu dan mempercepat pencarian informasi yang akurat mengenai pelaksanaan dan pengawasan kegiatan perkebunan dan mempermudah pihak manajemen perkebunan dalam mengambil keputusan.

Keywords


codeigniter, framework, pemrograman berbasis web, sistem informasi geografis

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2014. Produksi Tanaman Perkebunan Kelapa Sawit di Kalimantan Barat. https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/839. Diakses pada tanggal 28 Maret 2016.

Demers, M.N., 1997, Fundamental of Geographic Information Systems, John Wileys & Sons, Inc., New York.

Riyanto. 2011. Membuat sendiri aplikasi e-commerce dengan PHP & MySQL menggunakan CodeIgniter & JQuery. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Deitel, P. J. 2012. Java How to Program. United States of America: Prentice Hall.

Google Inc. 2016. Google Maps API. https://developers.google.com/maps. Diakses pada tanggal 20 Mei 2016

Elmansyah. 2013. Tesis. Pengembangan dan Analisis Sistem Kelas Pembelajaran Bring Your Own (BYOD) Berbasis Cloud Computing Menggunakan Teknologi Smartphone. Jakarta : PPS Fakultas Teknik UI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License