RANCANG BANGUN PANGKALAN DATA PENELITIAN (STUDI KASUS: LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS TANJUNGPURA)

Nur Agus Pratiwi, Novi Safriadi, anggi Srimurdianti S

Abstract


Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan penelitian, merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan dosen guna memenuhi salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi karena kegiatan penelitian menjadi salah satu ukuran yang menentukan mutu suatu pendidikan tinggi. Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tanjungpura (LPPKM UNTAN) adalah unit yang melaksanakan tugas di bidang penelitian, walaupun sudah dikoordinir oleh LPPKM, tapi masih banyak dosen yang jarang atau belum melakukan penelitian. Tidak adanya rekam aktifitas penelitian menimbulkan kesulitan bagi LPPKM untuk mengarahkan pembinaannya kepada sasaran yang tepat. Untuk mendukung upaya LPPKM dalam melakukan pembinaan, perlu adanya database penelitian online sehingga semua data bisa disampaikan informasinya kepada pihak di luar LPPKM. Oleh karena itu diusulkan pembuatan sebuah pangkalan data penelitian yang dapat membantu monitoring penelitian oleh Ketua LPPKM dan sebagai media pengarsipan data. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah pangkalan data penelitian yang dapat menjadi repositori data penelitian dan membantu monitoring aktifitas penelitian di LPPKM UNTAN sehingga proses monitoring dapat tepat sasaran.

Metodologi penelitian dimulai dari identifikasi masalah, berlanjut ke studi literatur, pengumpulan data, perancangan konseptual, pembuatan aplikasi, pengujian, analisis hasil pengujian, hingga penarikan kesimpulan. Pada pengujian borang digunakan metode Rating Scale untuk menguji aplikasi ke 30 responden yang terbagi ke kategori pengguna umum, dosen, administrator, dan Ketua LPPKM sehingga menghasilkan beberapa persentase kualitas aplikasi sesuai kategori responden. Persentase tertinggi yang diperoleh sebesar 90%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas aplikasi berada pada kategori sangat baik. Dari hasil pengujian, sistem yang dihasilkan dapat menjadi repositori data penelitian dan membantu monitoring aktifitas penelitian di LPPKM UNTAN.


Keywords


pangkalan data, LPPKM, black-box, borang, website

Full Text:

PDF

References


Republik Indonesia. 2005. Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara RI tahun 2005, No. 157. Jakarta: Sekretariat Negara.

Nugroho, A. 2011. Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. Yogyakarta: Penerbit Andi.

S, Rosa A., dan Shalahuddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Nugroho, A. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP (United Software Development Process). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 2011. Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi: Buku III Pedoman Penyusunan Borang. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License