Analisis Asosiasi pada Transaksi Obat Menggunakan Data Mining dengan Algoritma A Priori

Despitaria Despitaria, Herry Sujaini, Tursina Tursina

Abstract


Abstrak— Persaingan di dunia bisnis, khususnya dalam industri apotek, menuntut para pengembang bisnis tersebut menemukan suatu strategi yang dapat meningkatkan penjualan obat. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan potongan harga pada kombinasi obat-obat tertentu yang sering dibeli secara bersamaan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan teknik analisis keranjang pasar yaitu menganalisis kebiasan belanja konsumen. Data mining merupakan suatu metode pengolahan informasi tersembunyi dari suatu database informasi yang besar. Pengimplementasian data mining terdapat berbagai macam metode, salah satunya adalah Algoritma A Priori. Algoritma A Priori merupakan algoritma pengambilan data dengan aturan asosiatif (association rule) untuk menentukan hubungan asosiatif suatu kombinasi item (Kusrini, 2007). Penelitian ini dilakukan dengan melakukan analisis asosiasi pada data transaksi obat menggunakan Algoritma A Priori. Analisis dilakukan dengan membandingkan hasil analisis asosiasi dengan Algoritma A Priori dan analisis tanpa menggunakan metode. Hasil analisis ini dilakukan pengujian dari data mining yaitu lift. Analisis asosiasi dengan 2-itemset menggunakan Algoritma A Priori terhadap 700 data (209 transaksi penjualan) menghasilkan 6 kaidah/aturan dengan 2 aturan yang menghasilkan nilai lift 2.09 dan 1.3 dengan waktu 12 detik. Analisis asosiasi dengan 3-itemset menggunakan Algoritma A Priori terhadap 200 data (62 transaksi penjualan) menghasilkan 33 kaidah/aturan dengan nilai lift kurang dari 1 dengan waktu 23 detik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Algoritma A Priori dapat digunakan untuk menganalisis kebiasaan belanja konsumen untuk menghasilkan kaidah/aturan yang berisi kombinasi antar obat.

 


Keywords


Algoritma A Priori, apotek, confidence, data mining, lift, support.

Full Text:

PDF

References


Syaifullah, M.A. 2010. Implementasi Data Mining Algoritma A Priori pada Sistem Penjualan. http://repository.amikom.ac.id.

Kusrini dan Luthfi, E.T.2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: ANDI.

Larose, Daniel T.2005. Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining. Canada: John Willey & sons Inc.

Ponniah, P. 2001. Datawarehouse Fundamentals: A Comprehensive Guide for IT Professional. John Willey & Sons, Inc.

Hermawati, Fajar Astuti. 2013. Data Mining. Edisi ke-1. Yogyakarta: ANDI.

Santoso, Budi. 2007. Data mining : Teknik Pemanfaatan Data untuk

Keperluan Bisnis. Edisi ke-1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurcahyo, G.W. 2013. Penerapan Dtana Mining dengan Algoritma A

Priori untuk Mendukung Strategi Promosi Pendidikan. http://jurnalcoreit.lppm-stmik.ibbi.ac.id.

Santoso, Leo Willyanto.2011. Pembuatan Perangkat Lunak Data

Mining Untuk Penggalian Kaidah Asosiasi Menggunakan Metode A

Priori.

Fajar Astuti Hermawan.2013.Data Mining: Edisi Pertama.Yokyakarta : Andi.

Randolf. 2008. Penerapan Metode Kaidah Asosiasi pada Data

Transaksi Minimarket dengan Menggunakan Algoritma A Priori.

http://lib.ui.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License