Rancang Bangun Game Edukasi Hero of Borneo Berbasis Android
Abstract
Sejarah dan kebudayaan pasti dimiliki oleh setiap daerah tidak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat beragam sejarah dan kebudayaan yang menjadikan Indonesia memiliki banyak suku bangsa. Namun, pada era ini sudah sangat sulit menemukan orang yang masih mengetahui tentang sejarah dan kebudayaan dikarenakan kurang menariknya budaya masa lalu yang berakibat banyaknya budaya asing yang cenderung lebih menarik sehingga menggeser keberadaan sejarah dan budaya yang ada. Masyarakat sebagai bangsa Indonesia juga perlu untuk mengetahui sejarah bangsa Indonesia termasuk sejarah daerahnya. Berkurangnya minat masyarakat disebabkan kurangnya media yang menghibur dan mengedukasi. Game merupakan bentuk aplikasi yang edukatif, artinya bisa dijadikan sebagai media pembelajaran dimana prosesnya bisa dilakukan dengan konsep belajar sambil bermain. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan di atas, maka dapat dibuat sebuah game berbasis android dengan sistem edukasi (learning by doing/belajar sambil bermain). Permainan atau yang disebut dengan game dibuat ber-genre arcade berbasis android dengan sistem edukasi (learning by doing/belajar sambil bermain) agar dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat Kalimantan Barat dan sebagai media alternatif dalam memberikan pembelajaran tentang ilmu sejarah khususnya tentang sejarah pahlawan Ali Anyang. Pengujian pada penelitian ini dilakukan dengan pengujian black box, kuesioner dan pre-test pos-test. Game edukasi Hero of Borneo ini diterima oleh masyarakat Kalimantan Barat dengan sangat positif dengan skala Likert’s Summated Rating (LSR) nilai yang didapat adalah 1551 dari nilai maksimum 1950.
Keywords
Ali anyang, android, arcade, game edukasi sejarah, Hero of Borneo, Kalimantan Barat.
Full Text:
PDFReferences
Adams, D.M. 1975. Simulation Games: An Approach to Learning. Ohio:
Jones Publishing Company.
Affandi, Umar. 2010. Sejarah Pejuang Mohammad Ali Anyang.
Pontianak : Korem 121 / Alambhana Wanawwai.
Rusmiati, Desi. 2015. Pengantar Ilmu Sejarah.
https://www.academia.edu/6313885/Pengantar_Ilmu_Sejarah
Ismail, Andang. 2009. Education Games. Yogyakarta: Pro U Media.
Goldstone, William. 2009. Unity Game Development Essentials : Build
fully functional, professional 3D games with realistic environments,
sound, dynamic effects, and more. Birmingham : Packt PublishingLtd
Sheldon, I. 2004. Character Development and Storytelling For Game.
Boston : Thomson Course Technology PTR.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License