Penerapan Visual Novel Dari Cerita Rakyat Asal Usul Kota Pontianak

Irwan Adhi Prasetya, Tursina Tursina, Novi Safriadi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pada penyampaian cerita rakyat yang tidak hanya dikisahkan secara lisan dari generasi ke generasi berikutnya, tetapi telah banyak di publikasikan melalui berbagai media, antara lain adalah buku, parody, dan film. Salah satu media lain yang dapat digunakan adalah Visual Novel, Visual Novel dapat digunakan sebagai alternatif penyampaian dari suatu informasi salah satunya adalah Visual Novel. Visual Novel yang dibangun dapat digunakan sebagai media cerita rakyat karena Visual Novel dapat dikatakan sebagai jenis media interaktif yang biasanya berkutat pada cerita fiksi, namun dapat juga digunakan untuk buku interaktif digital. Aplikasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat umum yang ingin tahu Cerita Rakyat Asal Usul Kota Pontianak. Dari hasil Analisis kelayakan media  menunjukan penilaian dari ahli media memperoleh nilai 2,71 yang menunjukan kriteria layak sedangkan hasil Analisis kelayakan materi cerita menunjukan penilaian dari ahli materi cerita memperoleh nilai 1,8 yang menunjukan kriteria cukup layak. Hasil dari pengujian pemahaman pemain dari dua media yang digunakan di tiga rentan umur yang berbeda, mengalami peningkatan pemahaman dengan media Visual Novel ini dibandingkan Buku cerita dilihat dari grafik peningkatan hasil dari Pre test ke Post Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Visual Novel dapat di terapkan sebagai media penyampaian cerita rakyat berbasis teknologi informasi, salah satunya adalah cerita rakyat Asal-Usul Kota Pontianak.


Keywords


Visual Novel, Cerita Rakyat, Pontianak

Full Text:

PDF

References


Danandjaja, James. 2002. Folklor Indonesia. Jakarta: PT. Pustaka

utama.

Hikam, Arif Rahman. 2013. Pengembangan Game Edukasi Visual Novel

Berbasis Pembangunan Karakter Pada Materi Pelestarian Lingkungan.

Skripsi: Tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Munandri, Dian Rizka. 2012. Pembuatan Visual Novel Dengan Cafe

Minigame Menggunakan RenPy. Skripsi. Tidak dipublikasikan.

Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Perry, William E. 2006. Effective Methods for Software Testing 3rd

Edition. Indianapolis,Indiana. : Wiley Publishing, Inc.

Ren’Py. 2015. Why Ren'Py?. http://www.renpy.org/why.html. diakses

pada tanggal 8 September 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License