Rancang Bangun Aplikasi Web E-Learning Studi Kasus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura

Muhardi Muhardi

Abstract


Abstrak—Kegiatan perkuliahan tidaklah selalu berjalan dengan lancar, beberapa masalah biasanya menghambat kegiatan perkuliahan. Kurangnya waktu dosen dalam menyampaikan materi perkuliahan menjadi salah satu penghambat kegiatan belajar mengajar, beberapa materi yang  seharusnya disampaikan oleh dosen tidak sampai kepada mahasiswa. Sehingga dalam hal ini mahasiswa dirugikan karena kurangnya ilmu pengetahuan yang didapatkan dari dosen. Mendapatkan pembelajaran merupakan hak dari semua mahasiswa dan materi yang diterima  mahasiswa haruslah sesuai dengan hak yang harus diterima mahasiswa pada umumnya.  dengan berkembangnya teknologi pada masa sekarang, maka diperlukan sebuah aplikasi yang dapat membantu kegiatan belajar mengajar di kampus, di mana aplikasi ini dapat mengatasi masalah waktu kegiatan belajar mengajar. Sehingga kegiatan belajar mengajar bisa tetap terlaksana dengan baik. Dengan tetap dilakukannya kegiatan belajar, sehingga dosen tetap bisa menyampaikan materi yang harus disampaikan kepada mahasiswa. Dengan menggunakan Aplikasi web e-learning  ini, dapat menjadi alternatif pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar yang ada pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.  Dari hasil pengujian  blackbox menyatakan bahwa aplikasi sudah berfungsi dengan baik. Sedangkan Dari hasil kuesioner menggunakan skala  likert didapatkan skor dengan total 2429 dari skor maksimal yang berjumlah 3000, yang berarti aplikasi ini sangat baik untuk di implementasikan. 

Keywords


Belajar Mengajar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Web E-learning.

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. 2003. Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Id, Ibnu Daqiqil.(2011). Framework Codeigniter Sebuah Panduan dan Best Practice. Pekan Baru..

Koran, Jaya Kumar C. (2002), Aplikasi E-Learning dalam Pengajaran dan Pembelajaran di Sekolah Malaysia. http://www.sekolahdasar.net/2010/03/pengertian-elearning-dan-komponennya.html . (diakses 10 April 2015)

Pressman, R.S. (2010), Software Engineering : a practitioner’s approach, McGraw-Hill, New York.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryabrata, Sumadi. (2004). Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Raja Grafindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License