Optimasi Tata Letak Barang Dengan Menggunakan Algoritma Genetika Studi Kasus Freshmart Pontianak

Andini Novia, Tursina Tursina, Heri Priyanto

Abstract


Perencanaan tata letak merupakan suatu langkah maju yang ditempuh untuk perbaikan guna ruang secara terstruktur dengan hasil yang mendekati optimal.  Pengaturan tata letak barang-barang tersebut masih menggunakan cara manual sehingga barang-barang tersebut tidak tersusun secara baik dan bisa mengakibatkan kontaminasi silang antara bahan makanan basah dan kering.  Dalam tulisan ini dilakukan percobaan penggunaan metode Algoritma Genetika untuk mengetahui  fitness function  dari setiap letak barang untuk menghasikan optimasi penentuan tata letak barang pada rak. Fitness Function  adalah nilai yang menyatakan baik tidaknya suatu solusi.  Fitness Function  ini yang dijadikan acuan dalam mencapai nilai optimal dalam algoritma genetika. Terdapat beberapa data yang harus dikelola sistem yaitu data pengguna, data barang, data rak, dan perhitungan algoritma genetika untuk menghasilkan fitness function. Aplikasi optimasi  tata letak barang ini dapat membantu pihak staff minimarket dalam menentukan posisi barang pada rak. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi optimasi tata letak barang dengan menggunakan algoritma genetika.  Output  dari aplikasi ini berupa  posisi barang pada rak, urutan barang pada rak dengan fitness function  ≥ 95% dinyatakan optimal.  Berdasarkan hasil pengujian pengguna menggunakan skala  likert  pada aspek penilaian aplikasi hak akses admin memiliki nilai rata-rata 23,2 dengan interpretasi nilai baik untuk diimplementasikan, pada penilaian visual hak akses admin memiliki nilai rata-rata 24,5 dengan interpretasi nilai sangat baik untuk diimplementasikan, dan pada penilaian hak akses manager memiliki nilai rata-rata 27 dengan interpretasi nilai  sangat baik untuk diimplementasikan. Nilai ini menunjukkan bahwa aplikasi tata letak barang dengan algoritma genetika baik untuk diimplementasikan.

Keywords


Algoritma Genetika, Fitness Function, Optimasi, Skala Likert, Tata Letak.

Full Text:

PDF

References


Basuki Achmad. 2003. Srategi Menggunakan Algoritma Genetika. Surabaya: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Gunadi, Kartika., dan Kristianto Julistiona, Erwin., 2003, Optimasi PolaPenyusunan Barangdalam Ruang Tiga Dimensi MenggunakanMetodeGenetic Algorithms., Jurnal Informatika Vol. 4., pp 15-19.

Gunadi, Kartika., Lim, Resmana., dan Kristianto Julistiona, Erwin., 2001, Pengaturan Tata Letak Barang Pada Rak Dengan Menggunakan Algoritma Genetika., Jurnal Informatika.

Purnomo Hari, Kusumadewi Sri. 2003. Aplikasi Algoritma GenetikaUntuk Penentuan Tata Letak Mesin. Yogyakarta: Teknik InformatikaUII.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License