PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIIE DI SMPN 2 BANGOREJO
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Pada Muatan Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 422-432.
Badi'ah, W. F. N., Subekti, H., & Sabtiawan, W. B. (2023). Peningkatan keterampilan berpikir krtis dan rasa ingin tahu pada pembelajaran ipa menggunakan model pembelajaran problem-based learning. Pensa: e-jurnal pendidikan sains, 11(1), 32-37
Bahtiar, B., & Maimun, M. (2022). Pengaruh model discovery learning melalui kegiatan praktikum ipa terpadu terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 134-142.
Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan sikap kedisiplinan dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919-927.
Crismasanti, Y. D. (2017). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Tipe Soal Open Ended Pada Materi Pecahan (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW).
Evi, T., & Indarini, E. (2021). Meta analisis efektivitas model problem based learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran matematika siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 385-395.
Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah matematika Berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematiika, 2(9), 911– 922
Fiirdaus, R. J., Wahyuni, S., & Utomo, A. P. (2021). Analisis penggunaan video pembelajaran ipa kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 50-56.
Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis android dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1957-1970
Hamdani, M., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui metode eksperimen. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 16, No. 1, pp. 139-145).
Kusnandar. (2008). Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA 1 Maja. PEDAGOGI BIOLOGI, 1(01), 26-34.
Maslakhatunn’mah, D., Safitri, L.B., & Agnia, D.N. 2019. analisis kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA siswa kelas VII SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 179-185.
Mualimin dan R.A. H. Cahyadi. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Yogyakarta: Gading Pustaka
Noprianda, M., Noor, M. F., & Zulfiani, Z. (2016). Keterampilan berpikir kritis siswa model pembelajaran problem based learning dan sains teknologi masyarakat pada konsep virus. Edusains UIN Syarif Hidayatullah, 8(2), 182-191.
Nugraha, A.J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. 2017. Analisis kemampuan beprikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model PBL. Journal of Primary Education, 6(1):35-43
Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23-33.
Parnawi, A. 2020. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish
Purwanto, N. 2010. Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rositawati, D. N. (2019). Kajian berpikir kritis pada metode inkuiri. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya) (Vol. 3, pp. 74-84).
Rubini, B., Septian, B., & Permana, I. 2019. Enhancing critical thinking through the science learning on using interactive problem based module. Journal of Physics: Conference Series,
Salim, Ismail, Rosdiana. 2020. Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMPN 13 Satap Sungai Kakap 3 (1): 51-60
Sanjaya, W. E., & Ratnasari, E. (2021). Profil Dan Kelayakan Teoretis Lkpd “Sistem Pencernaan” Berbasis Problem Based Learning Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 403-411.
Sujiono, S., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan modul IPA Terpadu berbasis problem based learning tema gerak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Unnes Science Education Journal, 3(3)
Wisudawati dan Sulistyowati. (2004). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : Bumi Aksara
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model pembelajaran problem based learning (PBL): Efeknya terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399-4
DOI: https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v7i2.66238
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan
has been Indexed by:
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan published by
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.
CP : (62)83125507573
ISSN: 2579-4299 (print)
ISSN: 2621-0533 (online)
This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats