PEMANFAATAN VIDEO SCRIBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI CITA-CITAKU MENJADI ANAK SHALIH DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan Video Scribe dapat meningkatkan hasil belajar siswa padapelajaran Pendidikan Agama Islam materi cita-citaku menjadi anak shalih di kelas V SD Negeri 25 Sungai Kakap. Video scribe adalah media penyampai materi berbentuk audio visual menarik dan di setting sesuai usia anak SD agar siswa termotivasi mengikuti proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan utama,yaitu: perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Setiap akhir kegiatan dilakukan refleksi, sehingga kelemahan-kelemahan setiap siklus dapat dibenahi pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah memanfaatkan media video scribe yaitu pada pra penelitian sebanyak 5 atau 25% siswa mencapai KKM, kemudian pada siklus I terjadi peningkatan 12 atau 60% siswa mencapai KKM, dan pada siklus II menunjukkan terjadi peningkatan yaitu 20 atau 100% siswa telah mencapai KKM. Kata Kunci: Video Scribe, Hasil Belajar, SD
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i2.43127
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan
has been Indexed by:
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan published by
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.
CP : (62)83125507573
ISSN: 2579-4299 (print)
ISSN: 2621-0533 (online)
This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats