UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI JAMUR MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DI SMA
Abstract
Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan pemahaman siswa dengan menerapkan metode penemuan terbimbing pada materi Jamur siswa kelas X. Pembelajaran Biologi salah satunya dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Jamur. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan di kelas X MIA SMAN 3 Simpang Hilir Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan siswa sebanyak 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berpa lembar observasi untuk mengukur kemampuan biologi dan soal tes untuk mengukur hasil pemahaman siswa.. Dari hasil analisis didapatkan bahwa (1)Penerapan metode penemuan terbimbing meningkatkan pemahaman materi jamur pada siswa kelas X MIA SMAN 3 Simpang Hilir. Peningkatan pemahaman siswa ditandai dengan peningkatan pengetahuan dalam setiap siklus. Siklus I rerata pengetahuan 67,32 dan siklus II menjadi 77,41. Peningkatan pemahaman juga ditandai dengan adanya prosentase ketuntasan pada siklus I 25,81% menjadi 77,41%, (2) Pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dalam kegiatan pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan biologi. Dengan pembelajaran terbimbing kemampuan komunikasi, kerja sama, percaya diri dan empati meningkat secara signifikan, (3) Penerapan metode penemuan terbimbing berpengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman siswa
Kata kunci: Pembelajaran Biologi, Pemahaman, Penemuan Terbimbing
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Lie, Anita. 1995. Penemuan Terbimbing Mempraktekkan penemuan Terbimbing di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo. Markaban, dkk. 2006. Model PembelajaranMatematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: Depdiknas. Nur, Muhammad. 2000. Pembelajaran penemuan Terbimbing. Surabaya: IKIP Surabaya. Riyanto, dkk. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Materi Enzim BerbasisMetode Guided Discovery Learning untuk Melatih Ketrampilan Berpikir Kritis.Surabaya: Artikel Pendidkan Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Saillah. 2007. Perspektif Baru dalam Pendidikan. Bandung: FIP IKIP Bandung. Widhiarso, Wahyu. 2009. Evaluasi Biologi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY.
DOI: https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v3i2.41207
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan
has been Indexed by:
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan published by
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.
CP : (62)83125507573
ISSN: 2579-4299 (print)
ISSN: 2621-0533 (online)
This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.