PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SARANA PENDUKUNG GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Alexander Kastro

Abstract


Abstrak
Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) dan sudah ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Bersamaan dengan itu, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah mengembangkan Gerakan Litarasi Sekolah untuk meningkatkan daya baca siswa dan menggerakkan literasi bangsa dengan menerbitkan buku pendukung bagi siswa yang berbasis kearifan lokal. Gerakan Literasi Nasional ini telah dilaksanakan secara menyeluruh dan serentak, mulai dari ranah keluarga sampai ke sekolah yang dikenal sebagai Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan Literasi Sekolah sendiri sudah disosialisaikan bersamaan dengan diberlakukannya Kurikulum 13, meskipun tidak semua sekolah sudah melaksanakannya secara maksimal dikarenakan belum didukung oleh sarana prasarana yang memadai. Berbagai sarana yang bisa dimanfaatkan dalam rangka pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah ini, misalnya : sudut baca, taman baca, area ramah anak (peserta didik), dan perpustakaan sekolah. Perpustakaan Sekolah merupakan salah satu sarana fisik dalam menunjang Gerakan Literasi Sekolah. Perpustakaan tidak hanya berkaitan dengan gedung dan buku saja, namun juga sistem penyimpanannya, pemeliharaannya, si pengguna dan bagaimana cara menggunakan dan menfaatkannya.
Kata kunci : Gerakan Literasi Sekolah, Sarana Prasarana, Perpustakaan Sekolah


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Annisa, I.N., 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Bafadal Ibrahim, 2008. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. PT Bumi Aksara : Jakarta.

Buchori, Mochtar. 1995. Transformasi Pendidikan. Jakarta: IKIP Muhammadiyah Jakarta Press.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: rajawali Pers.

Dirjen Dikdasmen. 2016. Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Farr, R. 1984. Reading: Trends an Challenges. Washington D. C.: National Education Association.

Soeatminah, 1992. Perpustkaan Kepustakawanan dan Perpustakawan. Kanisius Yogyakarta.

Wulandari, R., 2017. Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman Al Hakim International (Doctoral


Refbacks

  • There are currently no refbacks.