PENINGKAT KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PENGAMATAN PEMODELAN PADA SISWA SMP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis berita melalui teknik pemodelan di SMPN 4 Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Hipotesis tindakan yang akan diuji adalah kemampuan siswa dalam menulis berita dapat meningkat melalui teknik pemodelan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII,B sebanyak 33 orang di SMPN 4 Sukadana Kabupaten Kayong Utara . Data dikumpulkan melalui instrumen, observasi langsung di lapangan dan menghasilkan data awal kemampuan siswa dalam menulis berita sebesar 48,33 kategori kurang. Kemudian atas dasar pengamatan dan hasil pra siklus di atas,maka dilakukan penelitian dengan kegiatan 2 siklus dimana siklus ke 1 menunjukkan hasil peningkatan menjadi 68,33 kategori baik dan pada siklus ke 2 menjadi 87,50 kategori amat baik ,hal ini berarti mengungkapkan bahwa melalui teknik pemodelan dalam pembelajaran terhadap siswa dapat meningkatkan kemampuannya di SMPN 4 Sukadana Kabupaten Kayong Utara
Kata Kunci : Kemampuan, Menulis Teks Berita, Teknink Pengamatan Pemodelan
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Bahri Djamarah, Syaiful dan Zain, Aswan, 2006. Strategi Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Bloom. 2001. Dasar-dasar Pendidikan (Terjemahan Sugiyarto). Surakarta : FKIP UNS.
Depdiknas. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Fisika Sekolah Dasar. Jakarta : Balitbang Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Emi Pujiastuti; 2004. Kontribusi Matematika dalam Pengembangan Potensi Daerah:
Pendidikan, Industri, dan Sistem Informasi. Makalah disampaikan dalam rangka
Konferda X Himpunan Matematika Jateng – DIY di Jurusan Matematika FMIPA Unsoed Purwokerto 6 Maret 2004.
Mudhoffir. 2000. Proses Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Formal. Surabaya : Usaha Nasional.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. 2000. Dasar-Dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algosindo.
______. 2000. Penilaian Hasil Proses Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.
______. 2004. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Bandung : Publikasi, FIP IKIP Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i1.40886
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan
has been Indexed by:
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan published by
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.
CP : (62)83125507573
ISSN: 2579-4299 (print)
ISSN: 2621-0533 (online)
This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats