PENINGKAT KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PENGAMATAN PEMODELAN PADA SISWA SMP

Sosimus Sosimus

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis berita melalui teknik pemodelan di SMPN 4 Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Hipotesis tindakan yang akan diuji adalah kemampuan siswa dalam menulis berita dapat meningkat melalui teknik pemodelan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII,B sebanyak 33 orang di SMPN 4 Sukadana Kabupaten Kayong Utara . Data dikumpulkan melalui instrumen, observasi langsung di lapangan dan menghasilkan data awal kemampuan siswa dalam menulis berita sebesar 48,33 kategori kurang. Kemudian atas dasar pengamatan dan hasil pra siklus di atas,maka dilakukan penelitian dengan kegiatan 2 siklus dimana siklus ke 1 menunjukkan hasil peningkatan menjadi 68,33 kategori baik dan pada siklus ke 2 menjadi 87,50 kategori amat baik ,hal ini berarti mengungkapkan bahwa melalui teknik pemodelan dalam pembelajaran terhadap siswa dapat meningkatkan kemampuannya di SMPN 4 Sukadana Kabupaten Kayong Utara
Kata Kunci : Kemampuan, Menulis Teks Berita, Teknink Pengamatan Pemodelan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bahri Djamarah, Syaiful dan Zain, Aswan, 2006. Strategi Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Bloom. 2001. Dasar-dasar Pendidikan (Terjemahan Sugiyarto). Surakarta : FKIP UNS.

Depdiknas. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Fisika Sekolah Dasar. Jakarta : Balitbang Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Emi Pujiastuti; 2004. Kontribusi Matematika dalam Pengembangan Potensi Daerah:

Pendidikan, Industri, dan Sistem Informasi. Makalah disampaikan dalam rangka

Konferda X Himpunan Matematika Jateng – DIY di Jurusan Matematika FMIPA Unsoed Purwokerto 6 Maret 2004.

Mudhoffir. 2000. Proses Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Formal. Surabaya : Usaha Nasional.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 2000. Dasar-Dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algosindo.

______. 2000. Penilaian Hasil Proses Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

______. 2004. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Bandung : Publikasi, FIP IKIP Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.