UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN GURU DALAM MENYUSUN LAPORAN PTK MELALUI PEMBIMBINGAN TERFOKUS DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF

Imam Setiyadi

Abstract


Abstrak
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini berangkat dari permaslahan yang ada dilapangan khususnya di sekolah binaan, judul penelitian adalah “Upaya Peningkatan Pemahaman Guru Dalam Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas Melalui bimbingan Terfokus Dengan Pendekatan Kolaboratif di Sekolah Binaan”. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut: (1) Secara umum, untuk meningkatkan pemahaman guru dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas, dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran. (2) Secara khusus, untuk mendeskripsikan penerapan bimbingan terfokus dengan pendekatan kolaboratif dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru menyusun laporan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh peneliti di sekolah binaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan penilaian laporan hasil penelitian tindakan kelas dari guru yang menjadi subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua periode siklus tindakan, dengan menerapkan penjelasan secara kelompok dan bimbingan individu, dengan subyek penelitian 2 sekolah yang terdiri dari 11 orang guru di wilayah Sekolah binaan di Kabupaten Ketapang. Dari hasil penelitian tindakan sekolah terbukti adanya peningkatan pemahaman yaitu : Sebelum diberi penjelasan skor pemahaman guru 2,2 naik menjadi 3,4 setelah bimbingan secara kelompok, dan pada pembimbingan individu naik menjadi 3,57. Oleh karena itu dengan tidak memperhatikan kemungkinan lain yang bisa terjadi, maka hipotesa tindakan penelitian ini dapat diterima kebenarannya.
Kata kunci: Kemampuan Guru, Penelitian Tindakan Kelas, Pembimbingan Terfokus, Pendekatan Kolaboratif.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Aqib Zaenal dan Elham Rohmanto, 2007. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. CV Yrama Widya, Bandung.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Sekretariat Jenderal Depdiknas, Jakarta.

------------, 2007. Kumpulan Permendiknas Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Panduan KTSP, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Depdiknas, Jakarta.

------------, 2008. Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Sekolah. Direktorat Tenaga Kependidikan, Depdiknas, Jakarta.

------------, 2008. Laporan Penelitian Tindakan Sekolah. Direktorat Tenaga Kependidikan, Depdiknas, Jakarta.

Muh.Arifin,S.Pd.M.Pd. 2010. In Service Training model Experiential Learning untuk meningkatkan kemampuan guru SD dalam penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan sekolah.

Suyanto dan Asep Jihad, 2009. Betapa Mudah Menulis Karya Ilmiah. Eduka, Yogyakarta.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatafi. CV Alfabeta, Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.