PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN DIKELAS DENGAN STRATEGI LESSON STUDY BAGI GURU SMP NEGERI 5 KETAPANG

Rosita Rosita

Abstract


Abstrak
Pelaksanaan strategi lesson study dalam meningkatkan kemampuan guru dan peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Ketapang. Tujuan penelitian Makalah ini adalah : untuk melihat proses pelaksanaan pembelajaran dikelas dengan strategi lesson study dalam memperbaiki kemampuan guru untuk menerapkan proses belajar mengajar yang aktif dan kreatif di SMP Negeri 5 Ketapang serta untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik dalam pelaksanaan strategi lesson study di SMP Negeri 5 Ketapan. Pada kegiatan strategi lesson study yang dilaksanakan pada 4 mata pelajaran didapat kan hasil yang berbeda-beda dari setiap pertemuan dan pengajaran. Hasil yang didapat adalah yaitu terjadinya peningkatan aktifitas belajar siswa hal ini dikarenakan guru yang mengikuti lesson study bisa mengembangkan perangkat pembelajaran dengan maksimal dengan dibantunya tim observer yang sebagai tim penilai pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian pelaksanaan kegiatan strategi lesson study bisa meningkatkan kualitas guru dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik dengan secara maksimal.
Kata Kunci: Pelaksanaan, Proses Pembelajaran, Strategi Lesson Study.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Davis, K. S. (2003). “Change is hard”: What science are telling us about reform dan teacher learning of innovative practises. Science and Education, 87(1), 3-30.

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (1990). How to design and evaluate research in education. San Francisco: Mc. Graw -Hill Pub. Co

Hinduan, A. A. (2005). Meningkatkan Profesionalisme Guru IPA di Sekolah. Makalah disajikan dalam seminar nasional pendidikan IPA II,. Bandung, 23 Juli 2005

Mellado, V. (1998). The classroom practise of preservice teacher and their cinception of teaching and learning. Science education, 82, 197-214

Oser, F., & Patry, J. L. (1990). Choreographien Unterrichtlichen Lernens: Basismodelle des unterrichts [Choreographies of teaching and learning: Basic models of teaching]. Freiburg: Paedagogisches Institut der Universitaet Freiburg

Rustaman, N., Widodo, A., Anggraeni, S. Junaengsih, N. (2005). Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Piloting Biologi. FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan.

Saito, E. (2004). Indonesianlesson study in practice: case study of IMSTEP. Paper disajikan dalam workshop bagi guru-guru Matematika dan sains. Bandung.

Stigler, J. W., & Hibert, J. (1999). The Teaching Gap : Best Ideas from The World’s Teachers for Improving Education in the Classroom. New York: the free Press

Widodo, Yeti Sumiati & Cucu Stiawati. (2006). Peningkatan Kemampuan Murid SD Untuk Mengajukan Pertanyaan Produktif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. (in print)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.