MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE BERVARIASI PADA SISWA KELAS 1 SD SEPONTI

Mahyan Mahyan

Abstract


Abstrak
Keberhasilan pembelajaran matematika ditentukan oleh bagaimana guru merencanakan, melaksanakan dan menilai dan tujuan yang telah ditetapkan. Metematika berfungsi untuk mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan menggunakan rumus matematika sederhana yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui materi mengenal segi tiga, segi empat, dan lingkaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode bervariasi dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Matematika Kelas 1 semester II SDN 2 Seponti Jaya Kecamatan Seponti Kabupaten Kayong Utara. Berdasarkan hasil refleksi pada siklus 3 diketahui bahwa dalam proses pembelajaran menggunakan metode bervariasi ada 3 indikator yang belum berhasil dengan baik tetapi sudah terlaksana. Dari data yang dihimpun dari observasi pengamat didapatkan bahwa keberhasilan guru baru 10 indikator dari 13 indikator yang direncanakan, atau 77%. Berdasarkan observasi didapatkan nilai rata-rata yang dicapai sisa adalah 71,7. Nilai tertinggi yang dicapai siswa adalah 9. Sedangkan nilai terendah yang dicapai siswa adalah 4. Siswa yang mendapat nilai dibawah 70 sejumlah 5 siswa yakni 17,85 %, yang mencapai nilai 70 ke atas sejumlah 23 siswa atau 82,12 %.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Metode Bervariasi, Matematika


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Departemen Pendidikan Nasional, 2003 "Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SD dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemendikbud.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, (2002). GBPP Mata Pelajaran Matematika. Jakarat: Kemendikbud.

Karso Dkk, (2003). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Usman, Moh. Uzer & Lilis Setiyawati, (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wardini,Julaeha & Marsinah Ngadi. (2004). Pemantapan Kemampuan Profesional (Panduan). Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.