UPAYA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU STUDI KASUS DI SMP N 4 KETAPANG

Sukarmin Sukarmin

Abstract


Abstrak
Penelitian ini difokuskan: 1. Strategi apa saja yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMPN 4 Ketapang. 2. Faktor apa saja yang menjadi kendala dan pendukung dalam peningkatan profesionalisme guru di SMPN4 Ketapang. 3. Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam menangani faktor kendala peningkatan profesionalisme guru di SMPN 4 Ketapang Kabupaten Ketapang. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah rancangan kualitatif dengan metode pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti memberikan saran-saran kepada Kepala sekolah agar tetap berpegang teguh dalam melaksanakan peran kepemimpinannya sebagaimana yang telah dikembangkannya sekarang ini, peningkatan kinerja tenaga pendidik secara terus menerus diupayakan dengan semangat kekeluargaan, kebersamaan, dan keteladanan karena tercapainya tujuan pendidikan yang baik sangat tergantung dari hasil kerja dari para tenaga pendidik. Para tenaga pendidik agar senantiasa meningkatkan disiplin dan menunjukkan etoskerja yang maksimal agar permasalahan-permasalahan yang dihadapi tidak dijadikan alasan untuk berkinerja yang rendah. Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang diharapkan dalam melaksanakan rekrutmen kepala sekolah agar lebih didasarkan pada prosedur dan peraturan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yakni harus memenuhi persyaratan-persyaratan administrasi seperti kepangkatan, masa kerja, berkedudukan sebagai tenaga fungsional, berlatar belakang pendidikan, berpengalaman, berkelakuan baik, dan loyal terhadap negara Indonesia.
Kata Kunci: Meningkatkan, Kinerja Guru, Studi Kasus, Upaya Kepala Sekolah.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Mantja, W. 2007. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Elang Mas.

Mulyana, D. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi,Konsek, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suyanto. “Guru yang Profesional dan Efektif”. Harian Kompas, Jumat, 16 Februari 2001.

Suyitno, Tanzeh, 2006. Dasar-dasar Penelitian, Surabaya. Elkhaf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.