PEMBELAJARAN MATERI LUAS TRAPESIUM DAN LINGKARAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD SISWA SEKOLAH DASAR

Samsuri Samsuri

Abstract


Abstrak
Kurangnya pengetahuan tentang bagaimana mengimplikasikan matematika di dalam kehidupan sehari-hari, kurangnya kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran matematika dan kurangnya kemampuan matematika guru, menjadi kendala di dalam pembelajaran matematika. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi, bentuk RPP dan skenario pembelajaran Matematika di kelas VI SDN 001 Teluk Sebong, dengan menerapkan model pembelajaran STAD, dengan tahapan sebagai berikut; (1) Guru membentuk kelompok, anggotanya 3 orang secara heterogen; (2) Guru menyajikan pelajaran; (3) Guru memberi tugas pada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. (4) peserta didik yang bisa mengerjakan soal, menjelaskan kepada anggota kelompok lainnya sehingga semua anggota dalam kelompok itu mengerti. ; (5) Guru memberi kuis kepada seluruh peserta didik. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu. (6) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki nilai/poin; (7) Guru memberikan evaluasi; (8) Penutup. Dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran koopratif STAD, dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Materi Luas Trapesium dan Lingkaran, Kegiatan Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, F. (1999). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setra

Bistari. (2015). Mewujudkan Penelitian Tindakan Kelas (Kenaikan Pangkat Bagi Guru). Pontianak: PT. Ekadaya Multi Inovasi

Hudoyo, H. (1998). Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkaan CBSA. Bandung: Tarsito

Sardiman (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soleh, M. (1998). Pokok-pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Jakarta: Balai Pustaka.

Suryanto. (2000). Matematika Humanistik dan Kaitannya Dengan Pembelajaran Aktif-Efektif. Surabaya: Usaha Nasional

Wardhani, I.G.A.K (2003). Konsep dan Masalah Pengelolaan Kelas. Buku Materi Pokok. Model 1-6. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas terbuka.

Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakatra: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.