PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYAJIKAN TEKS DISKUSI MELALUI PEMANFAATAN “ASAM PEDAS” SISWA SMP NEGERI 11 BINTAN

Selly Aprilyana H

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menyajikan teks diskusi pada siswa dengan memanfaatkan “ASAM PEDAS”. Untuk meningkatkan kemampuan siswa, peneliti merancang inovasi pembelajaran baru yang penulis sebut “ASAM PEDAS” (Aplikasi Anak Melayu Pembelajaran Diskusi Asyik). Aplikasi khusus ini terdiri dari webex sebagai ruang untuk pelaksanaan presentasi dan proses diskusI. Canva untuk pembuatan flyer guna menginformasikan materi apa yang akan disampaikan, jadwal pelaksanaan, dan pelaksana diskusi. Google form untuk membuat presensi online, dan studio barcode untuk membuat kode QR guna mempermudah peserta masuk ke room. Fitur guru untuk mengunggah soal dan fitur siswa untuk menjawab tugas yang diberikan guru. Untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang direncanakan dalam 2 siklus. Sampel penelitian ini 29 siswa kelas IXC SMP Negeri 11 Bintan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “ASAM PEDAS” dapat meningkatkan kemampuan menyajikan teks diskusi pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan awal siswa 64,07 menjadi 72,17 pada siklus I dan meningkat menjadi 87,55 pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa “ASAM PEDAS” mampu meningkatkan kemampuan menyajikan teks diskusi pada siswa karena mudah digunakan dan proses pelaksanaan diskusi yang unik.
Kata Kunci: “ASAM PEDAS”, Kemampuan Menyajikan, Teks Diskusi


Full Text:

PDF

References


DARTAR PUSTAKA

Hakiim, Lukmanul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

. 2008. Belajar Database Menggunakan Msyql. Yogyakarya: Andi

Nurdyansyah dan Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran (Sesuai Kurikulum 2013). Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas (Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan). Jakarta: Erlangga.

Surya, Moh. 1975. Diskusi Kelompok. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Usman, Moh. Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.