MENINGKATAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH MELAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK MELALUI TEKNIK PERCAKAPAN PRIBADI
Abstract
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimanakah prosedur pelaksanaan percakapan pribadi dalam upaya meningkatkan kompetensi kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik; 2) apakah percakapan pribadi dapat meningkatkan kompetensi kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah dengan menggunkan metode deskriftif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan percakapan pribadi dilakukan dengan prosedur: membuat catatan-catatan observasi, menganalisis hasil-hasil observasi, mengadakan interview dan melakukan percakapan pribadi; 2) Teknik percakapan pribadi dapat meningkatkan kompetensi kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata kompetensi kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik di SMA Sinar Kasih Sintang meningkat sebesar 13%, di SMAN 1 Sepauk meningkat sebesar 16% dan di SMAN. 2 Sintang meningkat sebesar 16%.
Kata Kunci: Kompetensi Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, Percakapan Pribadi.
Full Text:
UntitledReferences
Daryanto & Tutik Rachmawati. 2015. Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Donni Juni Priansa & Rismi Somad. 2014. Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Djam’an Satori. 2016. Pengawasan dan Penjaminan Muti Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Direktorat Pembinaan SMA Dirjen Dikdasmen. Panduan Supervisi Akademik. 2017. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdiknas. 2007. Standar Kepala Sekolah/Madrsah. Jakarta: Mendiknas.
Kemdiknas. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: P2TK Badan Pengembangan SDM Kemdiknas.
Kemdikbud. 2015. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: P2TK Badan Pengembangan SDM Kemdikbud.
Kemdikbud. 2016. Standar Proses. Jakarta: Mendikbud.
M. Nazir. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mulyasa. 2012. Penelitian Tindakan Sekolah Meningkatkan Produktivitas Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. 2009. Penelitian Tindakan Kepengawasan. Jakarta: LPP Binamitra.
Piet A. Sahertian. 2010. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Riduwan. 2004. Pengertian Metode Observasi Definisi Menurut Para Ahli Dalam Penelitian. http://makalahlaporanterbaru1.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-metode-observasi-definisi.html. Diakses tanggal 14 Juli 2017.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Untuk Guru, Kepala Sekolah & Pengawas. Yogyakarta: Aditya Media.
Syaiful Sagala. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Wahjosumidjo. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wahyudi. 2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: CV. Alfabeta.
V. Wiratna Sujarweni. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabaru Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jurnalkpk.v2i2.38326
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan
has been Indexed by:
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan published by
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.
CP : (62)83125507573
ISSN: 2579-4299 (print)
ISSN: 2621-0533 (online)
This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats