MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL DI KELAS IX MTs. NEGERI KETAPANG

Rita Yulinda

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah digunakan Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Jigsaw Pada Materi Perdagangan Internasional di Kelas IX MTs. Negeri Ketapang dengan metode penelitian deskriptif dan sampel penelitian kelas IX A MTs. Negeri Ketapang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah  tes,  dan lembar observasi guru. Jenis tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk subjektif (essay). Hasil Belajar siswa yang tuntas mengalami peningkatan. Dari 36 siswa yang ikut tes pada  Siklus I diperoleh hasil  yaitu 24 siswa tuntas (67%) dan yang tidak tuntas 12 siswa (33%). Hasil Siklus II yaitu 32 siswa tuntas (89%) dan 4 siswa (11%) tidak tuntas.  Aktivitas peneliti juga mengalami peningkatan yaitu 79,31% (siklus I) menjadi 93,97% (Siklus II). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatipe Tipe Jigsaw pada materi Perdagangan Internasional di Kelas IX MTs Negeri Ketapang.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Perdagangan Internasional, IPS  Terpadu



Full Text:

Untitled

References


Bistari. 2015. Mewujudkan Penelitian Tindakan Kelas. Pontianak: PT. Ekadaya Multi Inovasi

Childayana, Eric Putra,dkk. 2015. IPS Terpadu Kelas IX Untuk SMP/MTs. Klaten: Intan Pariwara.

Eggel Paul. Kauchak Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Terjemahan Satrio Wahono. 2012. Jakarta: Indeks Permata Puri Media.

Gunawan, Rudi. 2011. Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: CV Alfabeta.

Sudjana Nana. .2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cetakan XV), Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saefuddin, Asis. Berdianti Ika. 2014. Pembelajaran Efektif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sutarto, dkk. 2008. IPS untuk SMP/ MTs Kelas IX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suyono, Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Tim Abdi Guru. 2007. IPS Terpadu Untuk SMP Kelas IX Jilid 3A. Jakarta: Erlangga.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Qoqoazroqu (14 Januari 2013). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diperoleh 5 Januari 2015 dari http://qoqoazroqu.blogspot.com /2013/01/undang-undang-republik-indonesia-nomor.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jurnalkpk.v2i2.38322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan

has been Indexed by:

SINTA 5

              


Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan published by

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : (62)83125507573

ISSN: 2579-4299 (print)
ISSN: 2621-0533 (online)



This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats