ANALISIS PENELITIAN DOSEN DAN MAHASISWA PROGRAM STUDI MAGISTER (S2) PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK

Clarry Sada

Abstract


Abstrak

Dunia pendidikan pada pendidikan tinggi di fokuskan pada tiga aspek yaitu: pengajaran (pembelajaran), penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Aspek penelitian berperan penting dalam proses perkembangan pendidikan di perguruan tinggi. Oleh karena itu, isu sentral yang diangkat dalam penelitian ini adalah berkenaan dengan kualitas penelitian Dosen dan mahasiswa pada program studi magister pendidikan bahasa Inggris pada FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak. Penelitian ini mengambil populasi dosen yang telah di-homebase-kan pada program studi magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris pada FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% penelitian para dosen sesuai dengan keahlian atau spesialisasinya masing-masing. Hanya 20% penelitian yang tidak relevan dengan program studi. penelitian yang diluar bidang pembelajaran Bahasa Inggris. Sementara itu, penelitian mahasiswa yang berkaitan dengan penelitian untuk penyelesaian studi magister mereka sudah sesuai dengan visi dan misi program studi magister.  

 

Kata kunci: Penelitian Mahasiswa, Penelitian Dosen, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jurnalkpk.v2i2.38136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan

has been Indexed by:

SINTA 5

              


Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan published by

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : (62)83125507573

ISSN: 2579-4299 (print)
ISSN: 2621-0533 (online)



This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats