KONSEP DAN INDIKATOR PEMBELAJARAN EFEKTIF

Bistari Bistari

Abstract


Abstrak

 

Untuk mengkaji keefektifan suatu fokus pembelajaran yang umum dilakukan yakni berupa uji statistik seperti uji beda dengan melihat signifikansi efektifitasnya. Namun demikian, dapat juga dilakukan dengan memperhatikan kualitas pembelajaran yang dilakukan. Suatu penerapan pembelajaran yang memfokuskan pada model, metode, pendekatan, strategi, trik, teknik dan media, dapat dilakukan suatu kajian tentang keefektifan penggunaan salah satu bentuk pengkondisian pembelajaran tersebut. Ada lima indikator pembelajaran efektif, yaitu: (1) pengelolaan pelaksanaan pembelajaran, (2) proses komunikatif, (3) respon peserta didik; (4) aktifitas belajar,

 

(5)    hasil belajar. Untuk kelima indikator pembelajaran efektif saling terkait dan saling mendukung. Pembelajaran dikatakan efektif bila semua indikator dimaksud mencapai kategori minimal baik.

Kata kunci: Konsep, Indikator, Pembelajaran Efektif



Full Text:

PDF

References


Darajat. (1988) Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Remaja Karya.

Dede Rosyada. (2004). Paradigma Pendidikan

Demokratis: sebuah Model Pelibatan

Masyarakat dalam Penyelenggaraan

Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Djamarah, Syaiful Bahri. & Zain Aswan. (2010).

Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka

Cipta.

Lee Joseph Cronbach. (1963). Educational

Psychology. New York: Harcourt, Brace &

World.

Mulyasa. E. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2002). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Reigeluth, C.M. (1983). Instruction Design Theories and Models, an Overview of Their Current Status. London: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Sri Esti Wuryani Djiwandono. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.

Syaiful Bahri Djamarah. (1994). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. (2007).

Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: PT.

Imtima.

Uno, Hamzah B. Dan Mohamad, Nurdin. (2011).

Belajar dengan Pendekatan PAILKEM.

Jakarta: Bumi Aksara.

Wasty Soemanto. (1998). Psikologi Pendidikan:

Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan.

Jakarta: PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.