KONSEP DAN INDIKATOR PEMBELAJARAN EFEKTIF
Abstract
Abstrak
Untuk mengkaji keefektifan suatu fokus pembelajaran yang umum dilakukan yakni berupa uji statistik seperti uji beda dengan melihat signifikansi efektifitasnya. Namun demikian, dapat juga dilakukan dengan memperhatikan kualitas pembelajaran yang dilakukan. Suatu penerapan pembelajaran yang memfokuskan pada model, metode, pendekatan, strategi, trik, teknik dan media, dapat dilakukan suatu kajian tentang keefektifan penggunaan salah satu bentuk pengkondisian pembelajaran tersebut. Ada lima indikator pembelajaran efektif, yaitu: (1) pengelolaan pelaksanaan pembelajaran, (2) proses komunikatif, (3) respon peserta didik; (4) aktifitas belajar,
(5) hasil belajar. Untuk kelima indikator pembelajaran efektif saling terkait dan saling mendukung. Pembelajaran dikatakan efektif bila semua indikator dimaksud mencapai kategori minimal baik.
Kata kunci: Konsep, Indikator, Pembelajaran Efektif
Full Text:
PDFReferences
Darajat. (1988) Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Remaja Karya.
Dede Rosyada. (2004). Paradigma Pendidikan
Demokratis: sebuah Model Pelibatan
Masyarakat dalam Penyelenggaraan
Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Djamarah, Syaiful Bahri. & Zain Aswan. (2010).
Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka
Cipta.
Lee Joseph Cronbach. (1963). Educational
Psychology. New York: Harcourt, Brace &
World.
Mulyasa. E. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. (2002). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Reigeluth, C.M. (1983). Instruction Design Theories and Models, an Overview of Their Current Status. London: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Sri Esti Wuryani Djiwandono. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
Syaiful Bahri Djamarah. (1994). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. (2007).
Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: PT.
Imtima.
Uno, Hamzah B. Dan Mohamad, Nurdin. (2011).
Belajar dengan Pendekatan PAILKEM.
Jakarta: Bumi Aksara.
Wasty Soemanto. (1998). Psikologi Pendidikan:
Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v1i2.25082
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan
has been Indexed by:
Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan published by
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.
CP : (62)83125507573
ISSN: 2579-4299 (print)
ISSN: 2621-0533 (online)
This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.