PENERAPAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING UNTUK ANALISIS PRIORITAS PROGRAM PENANGGULANGAN BANJIR DI DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) LANDAK BAGIAN HULU

Robert Robert, Nurhayati Nurhayati, M Meddy Danial

Abstract


Tujuan penelitian ini menentukan penanggulangan banjir di DAS Landak bagian hulu Sungai Landak melintasi tiga kabupaten/kota yakni Kabupaten Landak, Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam menentukan kebijakan penanggulangan banjir apabila dana yang tersedia terbatas. Lokasi studi ini terletak di DAS Landak Bagian Hulu dalam Wilayah Kerja Administrasi Kecamatan Kuala Behe, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat. Penelitian yang digunakan adalah eksplanatori (explanatory research), dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis SEM (Structural Equation Model) yang didasarkan pada evaluasi atas adanya hubungan saling ketergantungan antar variabel. Uji Confirmatory Factor Analysis (CFA), digunakan untuk menguji unidimensional validitas dan reliabilitas model pengukuran konstruk yang tidak dapat diukur langsung. CFA memiliki 2 tujuan utama yaitu mengukur indikator-indikator yang dikonsepsikan secara unidimensional, tepat, dan konsisten juga indikator-indikator yang dominan membentuk konstruk yang diteliti. Berdasarkan jawaban responden terhadap variabel pemerintah diperoleh nilai rata-rata 4,07, dimana nilai tersebut masuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa responden memiliki penilaian yang baik terhadap variabel pemerintah terkait dalam penanganan masalah banjir dan masyarakat pemukiman sekitar bagian hulu DAS Landak. Terdapat satu indikator yang lebih rendah dari indikator lainnya, yaitu Indikator  X1.8 (Retarding basin) pada dimensi structural dengan nilai rata-rata 0,533. Sedangkan nilai indikator yang paling tinggi berada pada indikator X2.2 (Rumah panggung) untuk dimensi structural dengan nilai rata-rata sebesar 0,863. Upaya penanggulangan banjir berdasarkan nilai standardized regression weights adalah dengan dimensi structural yaitu membuat rumah panggung dengan nilai estimasi sebesar 0,863.


Keywords


AHP, Prioritas, Ketersediaan air, Kebutuhan air, Senakin Komplek

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, 2020, Kecamatan Kuala Behe dalam Angka tahun 2020.

Husein, Umar, 2005, Metode Penelitian Untuk Tesis Dan Bisnis, Grafindo Persada, Jakarta.

Isnugroho, 2002, Tinjauan Penyebab Banjir dan Upaya Penanggulangannya, Jurnal Penelitian dan Evaluasi, Hal. 1-6.

Suparmoko, M., 2020, Konsep Pembangunan Berkelanjutan dalam Perencanaan Pembangunan Nasional dan Regional, Jurnal Ekonomika dan Manajemen, Vol. 9 (I), Hal. 40.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jtsft.v21i1.59201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal TEKNIK-SIPIL

Jurnal Teknik Sipil Universitas Tanjungpura Indexed by :

http://www.mevjournal.com/mevfiles/indexers/04-ipi.png     

ISSN 1412-3576 (print), 2621-8429 (online)

Published by :

Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Tanjungpura University

Jl. Profesor Doktor H. Hadari Nawawi, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak Kalimantan Barat Indonesia 78124
Telp./Fax: +0561-740186
Email: jts@untan.ac.id

CP: 081256123030-085245045025

Visitor CounterJurnal Teknik Sipil

 

 

 

 

 

  MAPS: