KAJIAN STRUKTUR PERKERASAN DAN SALURAN DRAINASE RUAS JALAN PUSPAHIYANG KABUPATEN TASIKMALAYA

Gary Raya Prima, Novia Komala Sari

Abstract


Jalan Puspahiang merupakan jalan yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya untuk menghubungkan Desa Puspahiang, Desa Puspasari, Desa Sukasari dan Desa Mandalasari. Jalan Puspahiang memiliki trase jalan asli ± 10 km (2 arah, 2 lajur tanpa median) dan lebar jalan 3,5 m. Saat ini kondisi ruas jalan tersebut sudah sangat rusak, baik perkerasan maupun saluran drainase. Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu fungsi dari jalan tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengkaji dan menganalisis kekuatan serta fungsi dari struktur perkerasan dan saluran drainase pada ruas jalan tersebut.

Metode yang digunakan Untuk mengkaji kekuatan perkerasan, dilakukan dengan cara membandingkan nilai Indeks Tebal Perkerasan (ITP) Eksisting terhadap nilai Indeks Tebal Perkerasan (ITP) berdasarkan beban lalu lintas yang ada saat ini. Sedangkan untuk menganalisis saluran drainase dilakukan dengan cara membandingkan kapasitas debit saluran (Qs) yang ada dengan debit rencana (Qr).

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa  nilai ITP eksisting = 7,1 dan ITP saat ini = 7,9 (ITP Eksisting < ITP saat ini), artinya bahwa kondisi struktur perkerasan sudah tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu diperlukan perbaikan struktur perkerasan berupa over lay. Dari hasil perhitungan tebal perkerasan yang diperlukan yaitu lapis pondasi bawah 10 cm, lapis pondasi atas 20 cm, dan lapis permukaan 9,5 cm. Sedangkan untuk saluran drainase diperoleh debit rencana (Qr) sebesar  0,546 m3/det, maka perlu direncanakan saluran drainase yang bisa menampung debit tersebut. Dari hasil perhitungan diperoleh saluran drainase berbentuk segi empat dari beton berdimensi 0,40 m x 0,768 m dengan debit saluran (Qs) sebesar 0,586 m3/det.

 

Kata kunci: Jalan, struktur perkerasan, saluran drainase.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jtsft.v21i2.50219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Gary Raya Prima

Jurnal Teknik Sipil Universitas Tanjungpura Indexed by :

http://www.mevjournal.com/mevfiles/indexers/04-ipi.png     

ISSN 1412-3576 (print), 2621-8429 (online)

Published by :

Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura 

Jl. Profesor Doktor H. Hadari Nawawi, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak Kalimantan Barat Indonesia 78124
Telp./Fax: +0561-740186
Email: kajurts@untan.ac.id

Visitor CounterJurnal Teknik Sipil

 

 

 

 

 

  MAPS: