ANALISIS GEOMETRI DAN KINERJA JALAN PENDEKAT (JALAN SULTAN HAMID I) KE JEMBATAN KAPUAS
Abstract
Kenyamanan berlalu lintas merupakan keinginan semua orang, baik kenyamanan berlalu lintas pada saat melewati jalan, persimpangan maupun jembatan. Kenyamanan berlalu lintas direpresentasikan oleh kinerja lalu lintas, kinerja lalu lintas yang baik akan memberikan kenyamanan dalam berlalu lintas, dan kinerja lalu lintas yang buruk akan memberikan ketidaknyamanan dalam berlalu lintas. Kinerja lalu lintas dapat dinilai dari 2 (dua) aspek yaitu derajat kejenuhan dan kecepatan setempat. Faktor-faktor yang mempengaruhi kedua aspek tersebut adalah 1)Geometrik, 2)Arus lalu lintas (q), dan 3)Kecepatan rata-rata waktu (VRT) atau kecepatan rata-rata ruang (VRS). Untuk mengetahui bagaimana geometri dan kinerja jalan pendekat ke jembatan maka perlu diteliti dan dianalisis lebih lanjut, oleh karenanya kami menulis tesis dengan judul “Analisis Geometri dan Kinerja Jalan Pendekat (Jalan Sultan Hamid I) ke Jembatan Kapuas I”. Jalan Sultan Hamid I adalah Jalan Nasional dengan fungsi Arteri Primer yang terletak di Kelurahan Benua Melayu Laut Kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, yang menghubungkan antara Persimpangan4 (Jalan Tanjungpura, Jalan Sultan Hamid I, Jalan Imam Bonjol dan Jalan Pahlawan) ke Jembatan Kapuas I. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui geometri dan kinerja jalan pendekat (Jalan Sultan Hamid I) ke Jembatan Kapuas I. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian 1)Studi literatur, 2)Survey lapangan dan 3) Mencari data sekunder. Analisis yang dilakukan terhadap data-data hasil penelitian di peroleh hal-hal sebagai berikut: 1)Ukuran kota sedang dengan jumlah penduduk antara 0,5-1,0 juta jiwa, 2) Geometri jalan beragam dengan tipe 6/2T, 4/2T, dan 2/22TT, 3)Arus lalu lintas rata-rata (qR) = 2.784 Skr/Jam, 4) Kecepatan rata-rata waktu (VRT) = 11,67 Km/Jam, 5) Kecepatan arus bebas rata-rata (VBR) = 42,67 Km/Jam, 6)Kapasitas rata-rata (CR) = 5.126 Skr/Jam, 7)Derajat kejenuhan rata-rata (DjR) = 0,72, 8)Kecepatan tempuh rata-rata (VTR) = 27,60 Km/Jam, 9)Waktu tempuh rata-rata (WTR) tidak terdefinisikan, 10)Konsentrasi atau kepadatan rata-rata (KR) = 229 Skr/Km. Dari keseluruhan data-data tersebut di atas disimpulkan bahwa kinerja Jalan Sultan Hamid I adalah buruk. Disarankan kepada pejabat yang berwenang untuk 1)Membangun jembatan layang yang menghubungkan antara Jalan Tanjungpura dan Jalan Imam bonjol, 2)Memperbaiki geometri jalan pendekat dan jalan akses ke Jembatan Kapuas I, dan 3)Membangun Jembatan Kapuas III dalam Kota Pontianak.
Kata Kunci: Geometri, Kecepatan rata-rata waktu, Derajat kejenuhan, dan Kinerja jalan.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jtst.v17i1.24406
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Teknik Sipil
Jurnal Teknik Sipil Universitas Tanjungpura Indexed by :
ISSN 1412-3576 (print), 2621-8429 (online)
Published by :
Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Tanjungpura University
Jl. Profesor Doktor H. Hadari Nawawi, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak Kalimantan Barat Indonesia 78124
Telp./Fax: +0561-740186
Email: [email protected]
CP: 081256123030-085245045025
Visitor Counter: Jurnal Teknik Sipil
In its management and publication, this Civil Engineering Journal collaborates with:
1. Masyarakat Hidrologi Indonesia
2. Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi (FSTPT)
MAPS: