ANALISIS PENGEMBANGAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM KECAMATAN SUKADANA KABUPATEN KAYONG UTARA

- Juandri

Abstract


Penyediaan air minum untuk suatu wilayah atau suatu kawasan memerlukan perencanaan yang baik, selain karena memerlukan biaya yang tinggi, juga harus mempertimbangkan ketersediaan sumber air baku dan kapasitas sistem penyediaan air minum serta keterjangkauan masyarakat dalam mengakses air minum.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan dan kemampuan penyediaan air minum di Kecamatan Sukadana hingga 20 tahun akan datang (tahun 2037), dengan menganalisis tingkat kebutuhan air minum, ketersediaan air baku dan kemampuan jaringan distribusi air menjangkau wilayah pelayanan terjauh dari unit sistem penyediaan air minum.

Kebutuhan air minum dianalisis berdasarkan proyeksi jumlah penduduk dengan menggunakan metode geometri. Ketersediaan air baku dianalisis menggunakan metode Panman dan Mock untuk mengetahui debit andalan air baku. Keterjangkauan jaringan distribusi kewilayah pengembangan pelayanan dilakukan dengan simulasi jaringan menggunakan software epanet 2.0.

Kebutuhan rata-rata air minum di Kecamatan Sukadana sampai tahun 2037 sebesar 59,59 liter/detik dengan cakupan pelayanan sebesar 100 persen. Debit andalan sumber air baku dengan probabilitas 99 persen dari sumber air Sungai Buluh, Air Paoh dan Nek Letong masing-masing sebesar 70 liter/detik, 14,97 liter/detik dan 20 liter/detik. Debit air baku yang diperlukan untuk sistem pelayanan air minum Kecamatan Sukadana sebesar 77,47 liter/detik dapat dipenuhi oleh ke tiga sumber air tersebut. Hasil simulasi jaringan distribusi dengan software epanet 2.0 menunjukkan bahwa aliran air dapat menjangkau wilayah pengembangan pelayanan yang terjauh dengan debit dan head yang cukup memadai dan sistem distribusi air dapat dilakukan sepenuhnya dengan sistem gravitasi.

 

Kata-kata kunci:   kebutuhan rata-rata, metode geometri, debit andalan, head, sistem gravitasi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jtst.v17i2.23894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Teknik Sipil

 

Jurnal Teknik Sipil Universitas Tanjungpura Indexed by :

http://www.mevjournal.com/mevfiles/indexers/04-ipi.png     

ISSN 1412-3576 (print), 2621-8429 (online)

Published by :

Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Tanjungpura University

Jl. Profesor Doktor H. Hadari Nawawi, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak Kalimantan Barat Indonesia 78124
Telp./Fax: +0561-740186
Email: [email protected]

CP: 081256123030-085245045025

Visitor CounterJurnal Teknik Sipil

In its management and publication, this Civil Engineering Journal collaborates with:

1. Masyarakat Hidrologi Indonesia

2. Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi (FSTPT)

 












 

 

 

 

 

 

  MAPS: