PENANGANAN LALU LINTAS DI JALAN GATOT SUBROTO KETAPANG AKIBAT BEROPERASINYA CITIMALL
Abstract
Jalan Gatot Subroto merupakan salah ruas jalan lokal primer di Kota Ketapang Kalimantan Barat yang menghubungkan pusat kota dengan akses luar kota dan pelabuhan laut. Perkembangan Kota Ketapang yang cukup pesat meningkatkan volume lalu lintas dengan ditandai kendaraan yang bergerak lambat ketika memasuki ruas jalan ini. Dengan berdirinya Citimall di Jalan Gatot Subroto sebagai pusat perbelanjaan modern pertama dan satu-satunya di Kota Ketapang akan mengakibatkan terjadinya tarikan lalu lintas dan menurunkan kinerja ruas jalan juga dapat menimbulkan permasalahan lalu lintas lainnya seperi konflik lalu lintas didepan mall. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui jumlah tarikan pengunjung Citimall sebagai variabel terikat (Y) dan faktor-faktor yang mempengaruhi orang untuk berkunjung sebagai variabel bebas (X), (2) pengaruh Citimall terhadap kinerja ruas Jalan Gatot Subroto dengan menghitung kinerja ruas jalan sebelum dan sesudah Citimall beroperasi, (3) kinerja parkir Citimall berdasarkan tarikan lalu lintas dan jumlah petak parkir yang ada.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) jumlah populasi pengunjung Citimall sebanyak + 5000 orang pengunjung per hari dipengaruhi oleh variabel : (a) pengunjung berdasarkan status tingkat pendidikan SLTA/sederajat (X2), (b) pengunjung berdasarkan jumlah anggota keluarga yang ikut berkunjung sebanyak 2 anggota keluarga (X7), (c) pengunjung berdasarkan hari berkunjung yaitu Hari Minggu sebagai hari untuk berkunjung (X8), (2) kinerja (derajat kejenuhan) ruas Jalan Gatot Subroto Ketapang sebelum beroperasinya Citimall pada Hari Minggu (mewakili hari libur) sebesar 0,66 dan pada Hari Senin (mewakili hari kerja) sebesar 0,66. Citimall membeikan pengaruh volume lalu lintas sebesar 14,27% dengan derajat kejenuhan 0,72 pada hari Minggu (mewakili hari libur) dan sebesar 10,74% dengan derajat kejenuhan 0,75 pada Hari Senin (mewakili hari kerja), (3) kinerja parkir Citimall sampai dengan tahun 2025 masih mampu menampung permintaan parkir baik kendaraan ringan (Light Vehycle) maupun sepeda motor (Motor Cycle) pada Hari Senin (mewakili hari kerja) dengan kondisi SRP kendaraan ringan yang terpakai 27 dari 402 SRP (6,72%) dan SRP sepeda motor yang terpakai 127 dari 416 SRP (30,53%), sedangkan pada Hari Minggu (mewakili hari libur) dengan kondisi SRP ringan yang terpakai 37 dari 402 SRP (9,45%) dan SRP sepeda motor yang terpakai 175 dari 416 SRP (42,31%).
Kata Kunci: Mall, Tarikan Pengunjung, Kinerja Jalan, Parkir
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jtst.v17i1.23148
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Teknik Sipil
Jurnal Teknik Sipil Universitas Tanjungpura Indexed by :
ISSN 1412-3576 (print), 2621-8429 (online)
Published by :
Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Tanjungpura University
Jl. Profesor Doktor H. Hadari Nawawi, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak Kalimantan Barat Indonesia 78124
Telp./Fax: +0561-740186
Email: [email protected]
CP: 081256123030-085245045025
Visitor Counter: Jurnal Teknik Sipil
In its management and publication, this Civil Engineering Journal collaborates with:
1. Masyarakat Hidrologi Indonesia
2. Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi (FSTPT)
MAPS: