Editorial Policies

Focus and Scope

Plant Design, Chemical reaction engineering, Renewable energy, Thermodynamics, separation process, material science, catalysis, electrochemistry, nanoparticle.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Penulis berikutnya diharuskan untuk menanggapi hasil penelaahan dari Reviewer yang sudah dikirimkan dan diputuskan oleh Editor. Keputusan Editor biasanya merupakan hasil dari rekomendasi Reviewer. Dalam OJS, keputusan yang akan diterima oleh Penulis adalah sebagai berikut :

  1. Accept Submission, artinya Reviewer merekomendasikan naskah layak diterima tanpa ada perbaikan.
  2. Revision Required, artinya Reviewer merekomendasikan naskah butuh perbaikan minor tanpa harus mereview ulang
  3. Resubmit for Review, artinya Reviewer merekomendasikan naskah butuh untukdireview kembali oleh Reviewer. Hal ini disebabkan terlalu banyak revisi yang dibutuhkan
  4. Decline Submission, artinya Reviewer merekomendasikan naskah ditolak. Biasanya terkait dengan kualitas naskah.

Untuk merespon hasil review dari Reviewer/Editor tersebut, Penulis masuk website jurnal menggunakan akun yang sebelumnya sudah dibuat.

 

Etika Publikasi

Tugas Penulis

  1. Standar Pelaporan. Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus disajikan secara akurat di koran. Sebuah makalah harus berisi detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain meniru karya tersebut. Pernyataan yang menipu atau secara sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
  2. Akses dan Retensi Data. Penulis diminta untuk memberikan data mentah sehubungan dengan makalah untuk tinjauan editorial, dan harus siap untuk memberikan akses publik ke data tersebut, jika memungkinkan, dan harus, dalam hal apapun, bersiap untuk menyimpan data tersebut untuk waktu yang wajar setelahnya. publikasi.
  3. Orisinalitas dan Plagiarisme. Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya yang sepenuhnya asli, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain, maka ini telah dikutip atau dikutip dengan tepat.
  4. Publikasi Ganda, Berlebihan, atau Bersamaan. Seorang penulis pada umumnya tidak boleh menerbitkan manuskrip yang mendeskripsikan penelitian yang pada dasarnya sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan manuskrip yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
  5. Pengakuan Sumber. Pengakuan yang tepat atas pekerjaan orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat pekerjaan yang dilaporkan.
  6. Kepenulisan Makalah. Penulisan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi dari studi yang dilaporkan. Semua yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai penulis bersama. Jika ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis terkait harus memastikan bahwa semua penulis bersama yang sesuai dan tidak ada rekan penulis yang tidak pantas disertakan di atas makalah dan bahwa semua penulis bersama telah melihat dan menyetujui versi akhir makalah dan telah menyetujui penyerahannya untuk dipublikasikan.
  7. Pengungkapan dan Benturan Kepentingan. Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang dapat ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan
  8. Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan. Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk mencabut atau memperbaiki makalah tersebut.
  9. Bahaya dan Subjek Manusia atau Hewan. Jika pekerjaan tersebut melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya yang tidak biasa yang melekat dalam penggunaannya, penulis harus dengan jelas mengidentifikasi hal tersebut dalam naskah.