PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM XYZ

Dzakira Aljahra, Pepy Anggela, Tri Wahyudi

Abstract


UMKM XYZ adalah usaha yang memproduksi serundeng dengan bahan dasar kelapa parut dengan cita rasa khas daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang memengaruhi lingkungan bisnis UMKM ini serta menyusun strategi yang sesuai untuk diterapkan oleh UMKM XYZ dalam menghadapi persaingan saat ini. Beberapa metode analisis yang digunakan meliputi penyusunan Matriks IFAS, Matriks EFAS, dan Matriks SWOT. Data dari ketiga matriks tersebut kemudian dianalisis menggunakan Diagram Cartesius Analisis SWOT untuk menentukan strategi yang paling optimal dan sesuai untuk diimplementasikan pada UMKM XYZ. Berdasarkan hasil analisis, matriks IFAS memiliki skor 3,902 dan EFAS sebesar 3,85, matriks SWOT dan Diagram Cartesius Analisis SWOT menunjukkan posisi UMKM pada kuadran I dengan kekuatan internal yang kuat dan lingkungan eksternal yang mendukung dengan strategi pemasaran agresif, memanfaatkan kekuatan dan peluang secara maksimal dengan strategi terpilih yaitu S-O (Strength – Opportunity). Adapun implementasi dari strategi tersebut diantaranya dengan membuat produk premium dan daya tahan produk dalam promosi acara nasional dan pameran lokal untuk memperkuat posisi sebagai oleh-oleh khas daerah. Menggunakan teknologi informasi seperti iklan berbayar di media sosial untuk menjangkau lebih banyak konsumen di luar daerah. Memanfaatkan penghargaan yang pernah diraih untuk menciptakan cerita merek yang meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen dan yang terakhir membuat paket bundling produk dengan tema khas daerah, seperti paket oleh-oleh, untuk menarik wisatawan dan pembeli baru.

 

Kata Kunci : Strategi, Matriks IFAS, Matriks EFAS, Matriks SWOT, Diagram Cartesius SWOT. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.