OPTIMALISASI KAPASITAS PRODUKSI BERDASARKAN PROYEKSI MARKET PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) MEREK XYZ DI KABUPATEN MELAWI
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini ialah adanya tantangan bagi CV ABC dalam merencanakan dan mengoptimalkan kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan pasar yang meningkat, terutama di Kabupaten Melawi. Ketidakpastian permintaan pasar akibat fluktuasi populasi, perubahan preferensi konsumen, dan kondisi ekonomi yang dinamis membuat perusahaan kesulitan menetapkan target produksi yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang efektif bagi CV ABC dalam mengoptimalkan kapasitas produksi secara berkelanjutan dan efisien, sehingga dapat memastikan kelangsungan bisnis dan pertumbuhan jangka panjang. Studi ini menggunakan metode Studi Kelayakan Bisnis yang fokus pada aspek pemasaran dan keuangan. Studi kelayakan bisnis memungkinkan perusahaan untuk mengevaluasi semua aspek yang berkaitan dengan optimalisasi kapasitas produksi secara sistematis dan komprehensif. Potensi pasar Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Kabupaten Melawi yang bisa dimanfaatkan oleh CV ABC dalam rencana bisnis AMDK ini diperkirakan berkisar 54%-73% dari kebutuhan total AMDK. Target market share pada tahun pertama ialah sebesar 55% dari pasar potensial yang tersedia dan mencapai 100% dalam 10 tahun. Terdapat 2 alternatif dalam menyiapkan modal untuk investasi. Alternatif 1 menghasilkan nilai NPV sebesar Rp 6.772.134.314 dan IRR sebesar 31,89%. Alternatif 2 menghasilkan nilai NPV sebesar Rp 1.175.813.955 dan IRR sebesar 5,34%.
Kata Kunci: Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), Kapasitas Produksi, Studi Kelayakan Bisnis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.