PENERAPAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA PENGGUNAAN APLIKASI SEABANK
Abstract
SeaBank dikenal sebagai perbankan digital berbasis aplikasi smartphone yang memberikan berbagai layanan dibidang keuangan secara mudah dan nyaman. Aplikasi SeaBank memiliki berbagai layanan yang diberikan kepada pengguna seperti transfer sesama bank atau antarbank, virtual account, top up e-wallet, pembayaran tagihan, deposito, dan Spinjam by shopee. Sebagai perbankan digital, keberhasilan suatu sistem merupakan salah satu hal yang penting dan harus diketahui. Keberhasilan ini pada dasarnya dapat dianalisis melalui penerimaan pengguna aplikasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM), yaitu salah satu model yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengguna menerima dan mengadopsi teknologi, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penerimaan sistem informasi oleh para pengguna. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi SeaBank diterima dengan baik oleh penggunanya, dikarenakan semua variabel TAM berpengaruh positif pada penerimaan penggunaan aplikasi SeaBank. Selain itu, beberapa faktor yang berpengaruh terhadap penggunaan aplikasi SeaBank adalah faktor Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, dan Acceptance of IT.
Kata Kunci: Aplikasi SeaBank, Pengguna Aplikasi, Technology Acceptance Model
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.