RENCANA STRATEGI PENGEMBANGAN MARKTING MIX MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN BCG (BOSTON CONSULTING GROUP) TERHADAP PRODUK COILLAND

Arsyad Sabili, Febri Prima, Tri Wahyudi

Abstract


Strategi pemasaran merupakan keterampilan penting dalam menjual dan mendistribusikan produk sesuai dengan target yang ditetapkan. Pada awalnya, Coilland dipasarkan melalui vape store terdekat dan media sosial seperti Instagram, namun produk ini belum mendapatkan perhatian luas dari konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi pengembangan pemasaran kepada pelaku usaha coilbuilder agar dapat meningkatkan penjualan produk Coilland. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden, diikuti dengan uji validitas dan uji reliabilitas untuk memastikan konsistensi pernyataan dalam kuesioner. Setelah pernyataan dinyatakan valid dan reliabel, data dianalisis menggunakan metode Marketing Mix, SWOT, dan BCG. Metode Marketing Mix digunakan untuk menentukan jenis produk. Hasil analisis SWOT menunjukkan posisi di kuadran III, yang berarti perusahaan perlu memanfaatkan peluang yang ada sambil mengurangi kelemahan yang dimiliki. Sementara itu, analisis BCG menunjukkan posisi di kuadran keempat (dog), yang mengindikasikan bahwa perusahaan menghadapi rendahnya pangsa pasar dan juga rendahnya pertumbuhan pasar .

 

Kata Kunci : Boston Consulting Group, Produk Coilland, Strategi Pemasaran, SWOT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.