USULAN STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANAU SEBEDANG MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN BLUE OCEAN

Wahyudi Wahyudi, Tri Wahyudi, Silvia Uslianti

Abstract


Wisata Danau Sebedang terdapat beberapa masalahyang harus diperbaiki seperti akses infrastruktur belum semua memadai, tempat parkir belum ditentukan tempatnya, dan  pos tiket masuk masih belum menggunakan portal atau penutup jalan. Penelitian ini bertujuan memperoleh faktor internal dan eksternal pengembangan Danau Sebedang berdasarkan metode SWOT dan memperoleh perbaikan perencanaan pengembangan Danau Sebedang berdasarkan metode Blue Ocean serta menghasilkan usulan strategi pengembangan Danau Sebedang yang didapatkan dari hasil SWOT dan Blue Ocean. Hasil untuk penelitian ini berupa usulan strategi pengembangan dari metode SWOT dan Blue Ocean, dimana strategi fokus, strategi divergensi dan strategi motto. Strategi fokus yang harus Danau Sebedang lakukan dengan melihat hasil posisi wisata yang didapatkan dari hasil SWOT, hasil posisi Danau Sebedang berada pada kuadran I, yang artinya wisata danau sebedang harus berfokus pada kekuataan dengan memanfaatkan peluang. Strategi Divergensi merupakan gerak menjauh dari pesaing. Kekuataan dan peluang wisata Danau Sebedang dapat dilakukan pergerakan menjauh dengan terdapatnya pulau ditengah danau serta danau yang dikeliling oleh bukit dan pepohonan yang masih segar dan asri.. Strategi Motto yang digunakan oleh Danau Sebedang yaitu Hasil yang didapatkan dari penelitian dan tinjauan lapangan yang telah dilakukan maka dihasilkan dan didapatkan motto baru yaitu “Wisata Alam Unik, Asri, Sejuk, Dan Kekeluargaan”.

 

Kata kunci: Blue Ocean, Danau Sebedang, Strategi Pengembangan, SWOT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.